Tips Memilih Mode Jaringan Wi-Fi

December 27, 2017
Jaringan wireless memiliki dua mode, yakni mode infrastruktur dan Ad-hoc. Mode Infrastruktur adalah mode jaringan yang menghubung-kan masing-masing komputer melalui sebuah access point pada sebuah jaringan wireless. Mode Ad-hoc adalah sebuah mode yang secara langsung menghubungkan setiap komputer melalui piranti wireless. Anda bisa memilih salah satu mode ini sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mode Ad-Hoc

Ad-Hoc merupakan mode jaringan wireless yang sederhana. Pada mode ini, Anda tidak perlu menggunakan access point/wireless router untuk saling terhubung. Setiap komputer hanya perlu memiliki transmitter dan receiver wireless untuk saling terhubung secara langsung. Kekurangannya, komputer yang berada dalam jaringan dengan mode seperti ini tidak bisa berkomunikasi dengan komputer yang berada dalam jaringan kabel. Selain itu, daerah jangkauannya terbatas antara dua komputer yang memiliki transmitter dan receiver wireless tersebut.

Skema Ad Hoc
Skema Ad Hoc

Mode Infrastruktur

Pada mode infrastruktur, sebuah komputer yang berada dalam jaringan wireless bisa mengakses jaringan kabel atau berbagi printer. Pada mode ini, access point diperlukan sebagai pusat komunikasi utama pada jaringan. Access point/wireless router inilah yang bertugas mentransmisikan data pada komputer dengan jangkauan area tertentu.

Skema Mode Infrastruktur
Skema Mode Infrastruktur


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »