Setting IP Address Statis di Wireless Card

December 29, 2017
Bila Anda mengaktifkan  fitur DHCP, secara otomatis wireless card akan memiliki sebuah IP Address. Jadi, Anda tldak perlu melakukan pengaturan lagi. Namun, bila Anda ingin mengatur IP Address yang spesffik di masing-masing komputer pada sebuah jaringan wireless, lakukanlah pengaturan IP Address statis untuk setiap komputer, Caranya sebagai berikut.

  1. Kiik Banda ikon Wireless di sudut kanan bawah tampilan layer komputer Anda.
  2. Pada kotak dialog Wireless Network Connection Status yang muncul, pilihlah tombol Properties.
  3. Pada kotak dialog Wireless Network Connection Properties yang muncul, piiih opsi Internet Protocol (TCP/IP).
  4. Klik tombol Properties.
    Memilih Opsi Internet Protokol TCP/IP
    Memilih Opsi Internet Protokol TCP/IP
  5. Pada tampilan kotak dialog Internet Protocol (TPC/IP) Properties yang muncul berikutnya, pilihlah opsi Use The Following IP Address. Lakukan pengaturan berikut ini.
  • Dalam kotak teks IP Address
Masukkan alamat IP wireless card Anda. Jika Anda telah menggunakan pengaturan statis untuk wireless router dengan alamat IP 192.168.1.1, masukkan alamat IP 192.168.1.2 untuk wireless card di komputer yang pertama. Selanjutnya, gunakan alamat IP 192.168.1.3 untuk wireless card di komputer kedua, 192.168.1.4, dan seterusnya secara ber-urutan untuk komputer berikutnya.
  • Dalam kotak teks Subnet Mask
Masukkan Subnet Mask jaringan. Pada jaringan yang diba-ngun dalam sebuah rumah atau kantor kecil, gunakan Subnet Mask 255.255.255.0.
  • Dalam kotak teks Default Gateway
Masukkan alamat IP wireless router yang Anda gunakan.
Tampilan Pengaturan IP Address
Tampilan Pengaturan IP Address
     6. Jika sudah, klik tombol OK.

Sebagai catatan, bila Anda mengubah alamat IP wireless card ini dengan menggunakan konfigurasi statis, Anda juga harus melakukan konfigurasi ulang pada wireless router agar alamat IP wireless card yang baru tersebut dapat dikenali. Selain itu, bila Anda menggunakan konfigurasi IP Address wireless card dengan menggunakan mode statis, Anda juga harus menggunakan mode pengaturan statis pada wireless router.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »