Tip Seputar Pemasangan Jaringan Wireless

December 25, 2017
Sebelum atau ketika Anda melakukan pemasangan jaringan wireless, ada beberapa tip dan trik yang perlu Anda ketahui agar jaringan dapat terpasang dengan baik dan sempurna. Berikut tip dan trik tersebut.

Tip Pemasangan Jaringan Wireless
Tip Pemasangan Jaringan Wireless

Memilih Tipe Broadband


Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah jaringan wireless di rumah atau kantor Anda, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu tipe broadband yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa tipe broadband dan penjelasannya.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)


Asymmetric Digital Subscriber Line atau lebih dikenal dengan istilah ADSL merupakan tipe broadband yang menggunakan saluran telepon sebagai penghubung broadband. Tipe ini telah dikenal secara luas dan banyak dipilih orang. Bila memilih tipe ini, Anda akan mendapatkan semua piranti dan software yang diperlukan untuk proses instalasinya.

Karena tipe ADSL inl menggunakan saluran yang sama dengan jalur telepon, banyaknya prang yang menggunakan ADSL pada jalur yang sama akan berpengaruh pada kecepatan akses Internet.
Untuk tipe ini sebaiknya Anda menggunakan pula piranti Microfilters. Piranti ini berupa sebuah konektor kecil yang dipasang pada soket telepon di rumah Anda. Dengan alat ini, nantinya Anda tetap bisa menerima telepon secara normal dan akses ke Internet tetap lancar.


Micro Filter
Micro Filter

Kabel


Berbeda dengan tipe ADSL, tipe ini menggunakan layanan TV kabel yang Anda gunakan untuk menyalurkan Broadband. Tipe ini mampu menyediakan akses Internet yang lebih cepat bila dibandingkan dengan tipe ADSL. Namun seperti juga tipe ADSL, kecepatan akses Internet juga akan terpengaruh bila dalam satu jalur terjadi penggunaan secara bersamaan. Di samping itu, tipe ini juga belum tersedia di semua lokasi.

Satelit


Tipe ini menggunakan piringan satelit untuk menyalurkan broadband. Piringan satelit tersebut akan dipasang di rumah atau pekarangan Anda. Tipe ini sangat cocok digunakan bila wilayah Anda belum terjangkau oleh tipe ADSL maupun kabel. Kelemahannya, broadband yang disediakan biasanya memiliki kecepatan rendah, mudah terganggu oleh keadaan cuaca dan harganya relatif lebih mahal.

Memilih Kecepatan Broadband

Layanan broadband tersedia dalam berbagai pilihan kecepatan. Kecepatan broadband ini diukur dengan menggunakan satuan MB (Megabits per Second). )adi, Anda bisa memilih kecepatan broadband yang sesuai dengan kebutuhan.


Untuk memudahkan dalam menentukan kecepatan broadband yang Anda butuhkan, berikut ini kami sajikan tabel yang menampilkan informasi kecepatan dan kemampuan broadband.

Kecepatan Broadband
Kecepatan Broadband

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »