Arti Penelitian & Metode Ilmiah

January 14, 2020

Arti Penelitian, Serta Makna Pemikiran & Metode Ilmiah



Memang semua penelitian atau riset menghasilkan pengetahuan (knowledge) tetapi belum tentu berupa ilmu pengetahuan (science). Ilmu pengetahuan (scientific knowledge) hanya dihasilkan oleh penelitian ilmiah (scientific research). Dalam bahasan ini riset sama dengan penelitian. Penelitian ilmiah mempunyai tujuan yang terfokus untuk memecahkan masalah (problem solving) serta mengikuti prosedur atau urutan langkah-langkah yang logis, terorganisasi dan ketat dalam upaya mengidentifikasi / mengenali masalah, mengumpulkan data, menganalisis data serta menarik suatu kesimpulan yang sahih (valid conclusion) untuk dasar pembuatan saran dalam pengambilan keputusan / pemecahan masalah.

Penelitian ilmiah merupakan penelitian yang dilakukan berdasarkan pemikiran dan metode ilmiah. Apa arti pemikiran ilmiah dan metode ilmiah itu?

Pemikiran ilmiah ialah gabungan dari penalaran deduktip yang bersifat rasional dan induktip yang  bersifat empiris. Induktip ialah cara pengambilan kesimpulan secara umum (tentang karakteristik populasi) berdasarkan data individual hasil penelitian sampel (bagian kecil dari populasi). Sedangkan deduktip merupakan cara penarikan kesimpulan  yang  bersifat individual dari pernyataan yang bersifat umum.

Metode ilmiah ialah cara perfikir dalam mendapatkan pengetahuan yang disebut ilmu / pengetahuan ilmiah (science) dimana dalam prosesnya dilakukan dengan menggabungkan rasionalisme dan empirisme. Oleh karena dalam proses pencarian ilmu dalam metode ilmiah menggunakan dua penalaran ilmiah maka dapat diartikan bahwa metode ilmiah merupakan prosedur yang digunakan untuk menganalisis data empiris dalam menguji pernyataan teoritis. Perlu disebutkan disini bahwa tidak semua pengetahuan (knowledge) merupakan ilmu (science) alasannya ialah bahwa ilmu diperoleh melalui metode ilmiah, sehingga pengetahuan bisa disebut sebagai ilmu kalau  berdasarkan pemikiran rasional / logis dan teruji secara empiris, dengan menggunakan  istilah statistik, ilmu pengetahuan diperoleh berdasarkan penelitian elemen sampel  yang mewakili populasi dari mana sampel diperoleh / ditarik secara acak (random),  melalui pengujian hipotesis, untuk membuat generalisasi yaitu menyimpulkan parameter sebagai karakteristik populasi tersebut.
Formulasi ilmiah untuk lebih jelasnya dapat dilihat berikut ini:
Simbol
Keterangan
IT + DT = ST
(Inductive Thinking + Deductive Thinking = Scientific Thinking)
IM + DM = SM
(Inductive Method + Deductive Method = Scientific Methods)
IR + DR = SR
(Inductive Research + Deductive Research = Scientific Research)
Keterangan :
IR = Inductive Research
DR = Deductive Research
IT = Inductive Thinking
DT = Deductive Thinking
IM = Inductive Method
DM = Deductive Method
ST = Scientific Thinking
SM = Scientific Methods
SR = Scientific Research

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »