Cara Pemasangan Kartu Grafis Pada Komputer

May 13, 2019
Pemasangan kartu gratis hampir sama dengan pemasangan memori RAM. Jadi, harus diperhatikan jenis kartu grafis yang digunakan. Jika menggunakan kartu gratis VGA, tempatkan di slot PCI (biasanya berwarna putih). Jika menggunakan kartu grafis AGP, tempatkan di port AGP yang berwarna cokelat. Biasanya, hanya ada satu jalur port AGP. Berbeda dengan slot PCI, yang mempunyai beberapa jalur (umumnya 5 bush). Penggunaannya bukan hanya untuk kartu gratis VGA, tetapi jugs untuk pendukung PC (seperti sound card, LAN card, dan internal modem).

Cara Pemasangan Kartu Grafis Pada Komputer
Cara Pemasangan Kartu Grafis Pada Komputer

  1. Buka pengait berwarna putih yang ada pada tepi slot/port AGP. Setelah terbuka, pasang dan masukkan kartu gratis ke dalam lubang yang tersedia pada slot AGP.
  2. Tutup kembali pengait berwarna putih ke posisi semula agar dapat mengikat kartu grafisnya.
  3. Hubungkan kabel power tambahan yang ada pada kartu gratis ke power supply AGP (biasanya, kartu gratis jenis AGP mempunyai kipas pendingin (heatsink fan) dan juga kabel power tambahan).

Kartu gratis biasa (VGA) tidak mempunyai kabel power tambahan atau heatsink fan.

Kartu Pendukung

Kartu pendukung bisa berupa komponen tambahan/pelengkap atau aksesori komputer yang berada di dalamnya. Berikut ini beberapa kartu pendukung:



  • Sound card untuk penggunaan multimedia
  • LAN card untuk penggunaan jaringan
  • Internal modem untuk penggunaan komunikasi internet

Jenis kartu pendukung semuanya menggunakan slot PCI (peripheral component interconnect). Jadi, pemasangannya sangat mudah, yaitu dengan memasang kartu grafis VGA pada lubang slot PCI.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »