PHP : Menghapus sepasi pada string menggunakan fungsi trim | Anibar Studio

May 28, 2019


Anibar Studio - Pada kesempatan kali ini dalam pembahasan tentang Belajar Pemerograman php, kita akan mengenal satu buang fungsi yang terkadang sangat kita butuhkan, yaitu sebuang fungsi untuk menghapus spasi pada string.

Menurut pengalaman Anibar Studio fungsi ini dibutuhkan ketika kita menerima satubuah infut dari form yang mana tidak boleh terdapat sepasi, seperti kita membuat form input email, username, sehingga dengan adanya fungsi ini kita bisa mencegah kesalahan input data.

untuk contohnya akan saya ilustrasikan dibawah ini. Contoh penggunaan fungsi trim():

<?php


$text = "anibar  ";
$bersih = trim($text);
echo $text;


?>

Kurang lebh cara penggunannya seperti di atas yang sudah saya contohkan, dengan menggunakan trime kita sudah menghapus sepasi yang berlebih dalam text anibar di atas. bahkan tidak hanya karakter spasi trime juga sekaligus membersihkan 5 karakterlainya contoh seperti tab, new line, karakter enter, vertical tab dan null byte.

Menambah karakter yang akan dihapus

dan sepengalaman Anibar Studio juga bahwa Fungsi trim() juga memiliki argumen kedua yang bersifat opsional. Argumen kedua ini bertipe string yang jika ditulis akan ditambahkan kedalam daftar karakter yang ikut dihapus, atau secara istilah bisa disebuh dengan character_mask. Langsung saja Anibar Studio praktekan dibawah ini:

<?php
$nama = "__anibar__";
$filter_nama1 = trim($nama);
echo filter_nama1;  // hasilnya "__anibar__"
echo "<br>";
 

$filter_nama2 = trim($nama,"_"); // kita menambahnakn undersecore _
echo $filter_nama2; // "anibar"
?>


Menghapus karakter angka

Ada hal yang lebih menarik lagi menurut Anibar Studio, yaitu dengan trime kita bisa menghapus whitespace yang ada di awal dan akhir string, dan menghapus karakter 0, 1, 2, 3 s/d 9 di awal dan diakhir string, contohnya seperti dibawah ini:

<?php


$kata = "1 kelapa";
$filter_kata = trim($kata,"0..9");
echo $filter_kata; // "kelapa"


?>

Tambahan :
Jika kalian pernah mendengar Fungsi rtrim() dan ltrim() adalah bentuk lain dari fungsi trim(), tapi kedua fungsiini lebih spesifik, hanya akan menghapus karakter whitespace yang ada disisi kanan (untuk rtrim) dan di sisi kiri string (untuk ltrim). Kedua fungsi ini juga bisa ditambahkan argumen ketiga seperti halnya fungsi trim().


Mungkin cukup sekian pembelajaran hari ini,
Semoga apa yang saya sampaikan bisa membantu pembaca semua
Terumakasih dan semoga bermanfaat


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »