PHP : Menghapus sepasi pada string menggunakan fungsi str_reflace | Anibar Studio

May 28, 2019




Anibar Studio - Dalam beberapa kasus ketika kita membuat satu buah system, ada saja ide-ide yang tergambar pada dirikita demi system itu seuai dengan harapan, terlebih lagi pada saat pengelolaan databasess dll, kita berusaha semaksimal mungkin dan serapih mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, apalagi kesalahan yang akhirnya akan menjadi fatal.

Pada kesempatan kali ini Anibar Studio ingin membagikan sebuah trik sederhana tapi bagi saya ini sangat menguntungkan, terutama ketika kita mempunyai satubuah form input yang berisikan username, email dan sebagainya, kenapa saya contohkan email, karna setau saya pada email dan username ini sangat sedikit unik, saya tidak pernah melihat yang namanya email atau jarang sekali username yang menggunakan sepasi, maka dari itu saya akan memberikan tips dan trik bagaimana caranya untuk menghilangkan spasi dalam sebuah string

Yang akan kita pergunakan adalah fungsi str_replace();

Perhatikan contoh yang saya buat dibawah ini.

<?PHP
$kalimat = 'Anibar Studio - Sadudulur Najan Beda Lembur - Alumni Ibnu Hajar';
$text = str_replace(' ', '', $kalimat); // kode untuk menghilangkan spasi
echo $text;
?>
Kita lihat pada ' ' ysng pertama dalam kurung, itu menandakan bahwa yang akan kita hapus itu adalah sepasi, jika karakter lain yang ingin kita hapus, maka tinggal ubah saja menjadi karakter tersebut, contoh kita mau menghilangkan titik '.' :

<?PHP
$kalimat = 'Anibar.Studio - Sadudulur.Najan.Beda.Lembur - Alumni Ibnu Hajar';
$text = str_replace('.', '', $kalimat); // kode untuk menghilangkan titik
echo $text;
?>
dan anda bisa mengganti dengan karakter apapun yang anda mau hilangkan

Mungkin cukup sekian pembelajaran hari ini,
Semoga apa yang saya sampaikan bisa membantu pembaca semua
Terumakasih dan semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »