Beberapa Jenis-Jenis Compact Disc ( CD )

May 10, 2019
Compact disk terbuat dari plat aluminium dan dilapisi dengan bahan chrome yang mengilat. CD tidak menggunakan bahan magnetic, melainkan bahan yang memantulkan cahaya. Berikut ini jenis-jenis CD.

Beberapa Jenis-Jenis Compact Disc ( CD )
Beberapa Jenis-Jenis Compact Disc ( CD )

CD-R

CD-R adalah standar untuk format CD yang recordable atau CD kosong yang digunakan untuk merekam data tetapi hanya sekali.

CD-Rom

CD-Rom adalah salah satu versi CD yang penggunaannya tidak sekedar sebagai alat perekam data, tetapi juga untuk media musik yang bersifat read only atau permanen. Kapasitas rekamnya antara 650 Mb sampai 700 Mb. CD-Rom merupakan media penyimpanan removable dengan harga yang murah, mudah didapat, dan bersifat multiguna. Umur pakainya tergantung dari bahan/material yang digunakan serta faktor temperatur atau kelembaban lingkungan. Semakin lembab keadaan udara, semakin pendek pula umurnya karena material CD akan bereaksi dengan molekul oksigen dan hidrogen di udara. Seiring waktu, kemampuan refleksi CD-Rom di dalam drive tidak akan dipantulkan secara sempurna sehingga data-data di dalamnya tidak dapat dilihat semua. Kerusakan goresan pada CD terjadi karena sering diputar, penanganan yang tidak tepat, dan penyimpanan yang buruk.

CD-RW (compact disk — rewriteable)

CD-RW mempunyai kelebihan dibanding CD-R, yaitu dapat digunakan secara berulang-ulang. CD-RW digunakan untuk melakukan back-up data, misalnya menghapus file lama dan mengisinya dengan file baru. Hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh CD-R. Namun, CD yang dapat melakukan perekaman atau penyimpanan data atau file ke dalam disk, biasanya memerlukan waktu yang agak lama dan tergantung dari koneksi drive ke PC. CD-RW drive internal memiliki dua tipe interface, yaitu tipe interface IDE/ATA dan tipe interface SCSI. CD-RW tipe interface SCSI kecepatan koneksinya lebih tinggi dibanding interface IDE/ ATA. Namun, tipe interface SCSI harganya lebih mahal.

Dalam hal kecepatan, jika pada CD-RW tertera tulisan 52x32x52, berarti kecepatan pembakaran write, rewrite, dan read-nya adalah sebagai berikut:


  • Pembakaran media CD-R dengan kecepatan 52x
  • Pembakaran media CD-RW dengan kecepatan 32x
  • Pembacaan media CD-R, CD-ROM, dan CD-RW dengan kecepatan 52x

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »