Tips Jitu Menjawab Soal Bahasa Inggris Secara Tepat

February 18, 2019



Part 1

Hai..hai..hai...

Bulan Februari ini adalah waktunya kerja keras bukan saatnya bersantai-santai ya,  terutama bagi kamu yang siswa kelas XII. Mengapa? Karena tidak terasa  kita akan segera melewati UNBK yang tahun ini akan diselenggarakan di bulan Maret. Nah,  bagaimana  persiapanmu menghadapinya? Terutama untuk menguasai mapel Bahasa Inggris  yang akan diujikan nanti? Pokoknya belajar buka buku gitu aja ?.... and ngomong-ngomong  sebenarnya materi  yang kamu  baca  itu kamu pahami nggak sih apa isinya? Kalau nggak, sayang banget ya,  waktu dan usahanya jadi sia-sia.

Well Friends...Mengetahui topik atau text yang kamu baca itu juga triknya. Itu masuk dalam skill reading.  Kita akan bahas di sini. Saya juga akan sedikit memberi tips skill  lain yang ada dalam UNBK  yaitu  listening, dan writing. FYI sebenarnya  skill itu juga berat buat saya. Namun, dengan banyak berlatih dan tahu tips jitu memahami soalnya, saya bisa dengan mudah mendapat jawaban yang tepat.

Baiklah,untuk lebih tepat sasaran,  saya coba kupas tips Jitu menjawab soal Bahasa Inggris secara mendalam dalam dua kategori, yaitu  tips menstimulasi skill dari dalam diri kita, dan tips secara aplikatif pada bagian listening dan reading comprehension.

Ok, Are you ready? Here we go...

Tips menstimulasi skill dari dalam diri kita

Secara umum ada 4 skill dalam belajar bahasa asing ini. Skill tersebut adalah listening, speaking, reading dan writing. Seandainya saja belajar bahasa ini sama seperti kita belajar bahasa sendiri, mulai dari mendengar dulu, kemudian berbicara seiring berkembangnya akal kita, kita belajar membaca dan selanjutnya baru bisa menulis, niscaya akan mudah bagi kita cas..cis..cus..keren dalam pelajaran ini. But It’s ok, sedikit tips ini bisa membantu menstimulasi mudahnya kita belajar bahasa ini.

     1. Stimulasi pendengaran kita dengan mendengarkan lagu atau film bahasa Inggris.
2.     Mengikuti kalimat atau kata yang kita dengarkan tadi  dengan pengucapan yang tepat ala orang bule tersebut. Dalam hal ini pronountiationnya, ya. Bisa juga dengan menyanyi lagu yang kita dengarkan itu.

    2. stimulasi pikiran atau otak kita dengan sering membaca text terutama berbahasa Inggris. Ingat ya Friends, kita bisa karena terbiasa. Sama seperti kamu saat belajar naik sepeda. Sering berlatih menggunakannya membuat kita jadi mahir, begitu agar mudah  mengetahui apa isi sebuah bacaan, kita juga bisa menerapkannya dengan cara ini.

4  3.  Menstimulasi bagaimana cara menulis dengan banyak membaca text. Kemudian ikuti  tata bahasa tersebut dengan kalimat yang kamu buat sendiri.  Tips ini bisa diterapkan setelah kamu  mengetahui grammar atau tata bahasa yang menjadi patokan menulis dalam bahasa asing ini. Banyak buku serta link di internet yang menjelaskan detail tentang grammar.

Jadi intinya bagaimana menstimulasi dari  dalam diri kita adalah dengan menjadikan gaya hidup orang cerdas untuk selalu ingin tahu dan ingin bisa memahami ilmu baru.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »