Microsoft Excel menyediakan fasilitas rumus untuk mempermudah kerja kita. Salah satu rumus yang bisa digunakan adalah SUM, yang berguna untuk melakukan penjumlahan angka, nilai atau bbilangan yang kita miliki. Format umum dari rumus sum adalah :
=SUM( angka1, angka2, …)
Angka1, angka2 adalah nilai yang akan dijumlahkan. Angka-angka tersebut bisa berupa nilai konstanta langsung seperti 10, 234, -89, dsb; bisa pula berupa sel (cell) seperti P4,C9; atau bisa pula kumpulan sel (range cells) seperti B3:B6. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan sum ini sebagai berikut:
- Misalkan kita ingin menjumlahkan hasil penjualan pada tabel tersebut.
- Pilih lokasi dimana hasil penjumlahan akan diletakkan, misal pada kolom B baris 3 (sel B3)
- Ketikan =SUM(B3:B6), hal ini berarti kita akan menjumlahkan range sell mulai dari sel B3, hingga sel B6.
- Tekan Enter
- Nilai hasil penjumlahan segera ditampilkan
Share this
Related Posts
5 Dampak Buruk Bermain Ponsel Sambil di Charger | Ruli GarutSelamat datang di Ruli Garut, Blog Sharing Mingguan bisa lebih bisa juga kurang.Hampir dari kalian semua pasti sudah ti
6 Tips Memilih Kos-kosan yang Baik | Ruli GarutSelamat datang di Ruli Garut, Blog Sharing Mingguan bisa lebih bisa juga kurang.Buat kalian yang baru mau kuliah ataupu
Dampak Negatif dari Kecanduan Bermain Smartphone | Ruli GarutSumber GambarSaat ini smartphone sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat kita, mulai dari orang dewa
contoh proposal 17 Agustusan terbaruContoh proposal 17Agustusan terbaru - bulan Agustus merupakan bulan yang sangat istimewa bagi masyarakat Indonesia. Kar
EmoticonEmoticon