Microsoft Excel menyediakan fasilitas rumus untuk mempermudah kerja kita. Salah satu rumus yang bisa digunakan adalah SUM, yang berguna untuk melakukan penjumlahan angka, nilai atau bbilangan yang kita miliki. Format umum dari rumus sum adalah :
=SUM( angka1, angka2, …)
Angka1, angka2 adalah nilai yang akan dijumlahkan. Angka-angka tersebut bisa berupa nilai konstanta langsung seperti 10, 234, -89, dsb; bisa pula berupa sel (cell) seperti P4,C9; atau bisa pula kumpulan sel (range cells) seperti B3:B6. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan sum ini sebagai berikut:
- Misalkan kita ingin menjumlahkan hasil penjualan pada tabel tersebut.
- Pilih lokasi dimana hasil penjumlahan akan diletakkan, misal pada kolom B baris 3 (sel B3)
- Ketikan =SUM(B3:B6), hal ini berarti kita akan menjumlahkan range sell mulai dari sel B3, hingga sel B6.
- Tekan Enter
- Nilai hasil penjumlahan segera ditampilkan
Share this
Related Posts
AGAR WARNET TERUS EKSISSekedar berbagi ilmu aja,gimana sih caranya agar warnet anda bisa terus eksis dan bisa terus berkibar di dunia perwarne
CARA DWONLOAD FILE DZ DI PDUN TAHUN 2018 / 2019ASSLAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUHPada Artikel kali ini cara akan membuat tutorial bagaimana cara dwonload File
7 Manfaat Bermain Game, Nomor 6 Tidak Disangaka | Ruli GarutSelamat datang di Ruli Garut, blog sharing mingguan bisa lebih bisa juga kurang.Saat ini ada banyak sekali game yang be
Segera Dibuka Pendaftaran Siswa Baru Aliyah Negeri Dengan Kuota 2000 SiswaPelajarKertosono - Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama seger
EmoticonEmoticon