Microsoft Excel menyediakan fasilitas rumus untuk mempermudah kerja kita. Salah satu rumus yang bisa digunakan adalah SUM, yang berguna untuk melakukan penjumlahan angka, nilai atau bbilangan yang kita miliki. Format umum dari rumus sum adalah :
=SUM( angka1, angka2, …)
Angka1, angka2 adalah nilai yang akan dijumlahkan. Angka-angka tersebut bisa berupa nilai konstanta langsung seperti 10, 234, -89, dsb; bisa pula berupa sel (cell) seperti P4,C9; atau bisa pula kumpulan sel (range cells) seperti B3:B6. Untuk lebih jelasnya lihat contoh penggunaan sum ini sebagai berikut:
- Misalkan kita ingin menjumlahkan hasil penjualan pada tabel tersebut.
- Pilih lokasi dimana hasil penjumlahan akan diletakkan, misal pada kolom B baris 3 (sel B3)
- Ketikan =SUM(B3:B6), hal ini berarti kita akan menjumlahkan range sell mulai dari sel B3, hingga sel B6.
- Tekan Enter
- Nilai hasil penjumlahan segera ditampilkan
Share this
Related Posts
Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel | Ruli GarutFungsi average sering sekali dipergunakan untuk mencari besaran nilai rata-rata dari kumpulan data dalam peri
Cara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan RamadhanCara mendidik anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan - Bagi orang tua tentu sangat bangga apabila anak kesayangan mau
CARA BAYAR KODE BILLING UNTUK PENDAFTARAN SEKOLAH KEDINASAN#Sekolah_Kedinasan_2019#BAYAR_KODE_BILLINGPembayaran Kode Billing merupakan salah satu syarat pendaftaran Sekolah Kedin
CARA DWONLOAD FILE DZ DI PDUN TAHUN 2018 / 2019ASSLAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUHPada Artikel kali ini cara akan membuat tutorial bagaimana cara dwonload File
EmoticonEmoticon