Tiga Langkah Menjalankan VDI ARD 2.0 Tahun 2019

May 15, 2019
PelajarKertosono - Banyaknya teman - teman yang masih bingung bagaimana cara menjalankan ARD versi 2.0 ini yang berbeda dengan ARD tahun sebelumnya yang dimana tahun ini ARD menampakkan dengan wajah baru dan sistem kerja baru yang memiliki kesamaan dengan sistem UAMBN-BK yang menggunakan VDI untuk menjalankan aplikasi.

Bagi seorang proktor yang sudah pengalaman memandu jalannya UAMBN-BK tahun ini tentu tidak akan kebingungan kecuali lupa beda halnya dengan MI yang belum sama sekali berpengalaman dalam hal ini kecuali MI yang sudah melaksanakan ujian berbasis komputer baik yang menggunakan VHD ataupun VDI karena sistem atau cara menjalankannya sama bahkan cara setingnya sekalipun.

Berangkat dari situ maka amin akan membagikan tutorial bagaimana cara menjalankan VDI dengan tiga cara yang hal ini bisa teman - teman pilih mana yang pas digunakan menyesuaikan keadaan teman - teman di Madrasah. Untuk itu mari di pahami tiga metode yang akan admin paparkan dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Untuk metode pertama adalah :

1. Menjalankan ARD dengan Kabel Lan

Menjalankan ARD dengan kabel LAN itu sama halnya dengan sistem UNBK yang dimana clien terhubung dengan server menggunakan kabel dan ini bisa dilakukan oleh tingkat MTs/MA yang melaksanakan UNBK karena tidak perlu membeli alat lagi hanya tinggal menjalankan saja. Dan disini akan admin jelaskan cara menseting kemungkinan ada sebagian teman yang belum paham atau lupa adapun langkahnya sebagai berikut :

a. Pertama kita memnghubungkan server dengan clien bisa satu clien atau lebih jika lebih maka ditambah dengan HUB.

b. Seting IP server dengan menggunakan IP yang umum saja 192.168.0.199 atau lainnya terserah kenyamanan kita.



c. Seting IP clien dengan menggunakan IP sembarang misal : 192.168.0.1 - 192.168.0.100 kecuali 192.168.0.199 dan 192.168.0.101

d. Setelah itu kita seting virtual manager yakni cukup pada menu syistem dan jaringan misal seperti gambar dibawah ini



Klo semua terseting semua pasti bisa digunakan.

2. Menjalankan VDI ARD dengan menggunakan Router

Untuk cara ini sama dengan setingan diatas hanya saja pada clien kita harus masuk pada akses router/wifi yang terhubung ke server dan untuk router/wifi yang terhubung ke server bisa lakukan seting sesuai dengan merk masing - masing agar bisa diakses secara ofline oleh clien.


3. Menjalankan VDI ARD tanpa menggunakan client.

Untuk cara ini kita tinggal merubah setingan pada adapter satu menjadi Host only seperti gambar dibawah ini :





Setelah seting seperti diatas dilakukan maka tiggal kita jalankan aplikasi ARD tanpa clien.

Semoga bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »