Kartu Gratis Merupakan Komponen Pendukung Komputer

May 12, 2019
Kartu gratis merupakan komponen pendukung komputer yang didesain untuk melakukan tugas-tugas khusus saat mentransfer data dari unit komputer ke jalur unit monitor. Kartu grafis berkaitan erat dengan resolusi monitor. Data yang diberikan berupa teks maupun gambar dalam satuan kapasitas memori mega byte (Mb), mulai dari kapasitas 1 Mb, 8 Mb, 16 Mb, sampai di atas 32 Mb.

Kartu Gratis Merupakan Komponen Pendukung Komputer
Kartu Gratis Merupakan Komponen Pendukung Komputer


Ada dua jenis kartu gratis yang digunakan komputer.

  1. Kartu gratis VGA (video graphics adaptor), menggunakan slot PCI (peripheral component interconnect).
  2. Kartu gratis AGP (accelerated graphics port), menggunakan port AGP.


Sebelum ada motherboard Intel Pentium-4, telah tersedia expansion slot yang bernama ISA (industry standard architectur), slot dengan batasan memori 8 atau 16 bit. Selanlutnya, dibuat PCI slot dengan batasan memori 32 bit untuk standar motherboard dengan socket-7 dan socket K-6.

Di samping kartu grafis yang berbasis pada AGP port, terdapat chip kartu grafis yang terpasang secara on-board dan ditanamkan pada motherboard-nya sehingga tidak perlu lagi menggunakan kartu grafis.

Saat ini, kartu grafis dengan slot PCI sudah jarang digunakan karena kinerjanya kurang balk dan tidak mendukung aplikasi 3D atau pun game. Sekarang banyak digunakan kartu grafis dengan tipe AGP port karena kinerjanya sangat balk, mendukung aplikasi 3D, dan kecepatan prosesnya bisa mencapai delapan kali lebih cepat dari kecepatan kartu grafis biasa. Seperti diketahui, kartu grafis biasa hanya mentransfer data sebesar 66 Mhz, sedangkan kartu grafis AGP bisa mencapai 528 Mhz. Harga kartu grafis AGP relatif mahal dibanding kartu gratis biasa.

Merek NVIDIA dan ATI mendominasi pembuatan perangkat GPU (graphic processing unit) yang berbasis chip. Perangkat ini adalah sebagai pendukung kartu gratis AGP port-nya, yaitu kartu AGP Radeon buatan ATI dan kartu AGP GeForce buatan NVIDIA.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »