karakteristik monitor Cathode Ray Tube (CRT)

May 17, 2019

Ukuran Diagonal Layar

Ukuran ini biasanya menggunakan satuan inchi, mengacu pada ukuran tabung CRT yang diukur dari sudut ke sudut yang berseberangan secara diagonal. Biasanya, ketika mengukur layar monitor 17 inch, setelah diukur hanya sekitar 15,5 sampai 16 inch karena yang diukur adalah layar. Yang dimaksud 17 inch adalah ukuran diagonal tabung CRT-nya. Begitu juga untuk monitor 19 inch, setelah diukur sekitar 18 inch.

karakteristik monitor Cathode Ray Tube (CRT)
karakteristik monitor Cathode Ray Tube (CRT)

Selain itu, ada pula yang menggunakan parameter viewable size, yang mengacu pada bidang pandangan. Pada monitor jenis CRT, angka diagonal size berbeda sekitar 1 sampai 1,2 inch dengan angka viewable area. Misalnya, monitor 15 inch mempunyai viewable area sebesar 13,8 atau 14 inch, dan untuk monitor 17 inch mempunyai viewable area sebesar 15,8 atau 16 inch.

Resolusi Layar

Monitor yang menggunakan resolusi makin tinggi maka makin balk pula penampilannya. Biasanya, banyak digunakan untuk permainan game 3D. Semakin besar monitor, semakin tinggi pula resolusi yang dibutuhkan. Resolusi yang tinggi juga harus didukung oleh graphics card yang memadai. Namun, jika penyetelan resolusinya terlalu tinggi maka gambarnya akan menjadi kecil dan tidak nyaman dilihat. Berikut ini resolusi yang sesuai dengan ukuran monitornya.


  • Monitor 14 inch

       - Resolusi minimum: 640 x 400
       - Resolusi maksimum: 800 x 600

  • Monitor 15 inch

       - Resolusi minimum: 800 x 600
       -        Resolusi maksimum: 1024 x 768

  • Monitor 17 inch

       -         Resolusi minimum: 1024 x 768
       -         Resolusi maksimum: 1920 x 1440

  • Monitor 19 inch

       - Resolusi minimum: 1280 x 1024
       - Resolusi maksimum: 1600 x 1200

  • Monitor 21 inch

       -        Resolusi maksimum: 2048 x 1536

Refresh Rate Layar

Refresh rate adalah kecepatan layar yang mengacu pada berapa kali per detiknya gambar di monitor diganti atau diperbarui (di-refresh). Kecepatannya dihitung dalam satuan hertz (Hz). 1 Hz sama dengan 1000 kali per detik. Jadi, semakin tinggi angkanya, semakin balk pula kinerjanya. Jika angka refresh rate-nya rendah maka layar akan terlihat berkedip-kedip atau bergelombang sehingga tidak nyaman digunakan. Hal ini dapat mengganggu mata dan menyebabkan sakit kepala.

Namun, perlu diperhatikan bahwa refresh rate ditentukan juga oleh graphics card yang digunakan. Menurut standar internasional (VESA), untuk mendapatkan tampilan yang balk dari monitor CRT, gunakan refresh rate sebesar 85 Hz. Berikut ini perbandingan refresh rate untuk ukuran monitor CRT.

  • Monitor 14 inch, refresh rate-nya 60 Hz
  • Monitor 15 inch, refresh rate-nya 65 Hz
  • Monitor 17 inch, refresh rate-nya 75 Hz
  • Monitor 19 inch, refresh rate-nya 85 Hz

Dot PITH Layar

Dot pith adalah jarak terdekat dari dua buah fink, yang direpresentasikan dalam satuan milimeter. Semakin kecil nilai dot pith maka tampilan objek menjadi semakin balk karena jarak antara dua buah titik menjadi semakin dekat. Jadi. semakin kecil nilai dot pith sebuah monitor maka resolusi maksimum yang mampu ditampilkan monitor jugs semakin tinggi. Artinya, tampilan monitor menjadi balk dan tajam. Berikut ini contoh layar monitor berdasarkan dot pith-nya.

  • Monitor 14 inch memiliki dot pith vertical 0,297 mm
  • Monitor 15 inch memiliki dot pith vertical 0,28 mm
  • Monitor 17 inch memiliki dot pith vertical 0,25 - 0.27 mm
  • Monitor 19 inch memilild dot pith vertical 0,25 mm

Namun, beberapa monitor yang memiliki dot pith yang sama, belum tentu memiliki kualitas tampilan yang sama. Hal ini disebabkan karena taktor produksi tabung CRT, peralatan pendukung kartu grafiknya, dan lain-lain.

Kualitas Gambar

Sebelum membeli monitor CRT, yang perlu diperhatikan adalah •ualitas gambarnya. Jangan hanya tertarik pada penampilan fisik monitor. Caranya, dengan melihat langsung saat monitor dioperasikan sehingga dapat diamati kejernihan gambarnya. Selain itu, email apakah ada kerusakan pada warna-warna yang muncul di layar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »