Download Soal dan Kunci Jawaban Tes PPG (Pendidikan Profesi Guru) Terbaru 2019

May 11, 2019
Download Soal dan Kunci Jawaban Tes PPG (Pendidikan Profesi Guru) Terbaru 2019 - Berdasarkan surat edaran Kementerian Agama Republik Indonesia No. 27/Dt.I.II/Kp.02.3/4/2019 tanggal 09 April 2019 perihal pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2019 bahwa Pendaftaran calaon peserta sertifikasi guru dalam jabatan (PPG) tahun 2019 telah dibuka mulai tanggal 10 April 2019 sampai dengan Minggu, 28 April 2019. Pendaftaran tes PPG 2019 dilakukan secara online melalui akun simpatika kemenag.go.id.

Ada beberapa tahapan untuk mengajukan diri sebagai peserta sertifikasi guru (PPG) tahun 2019, silahkan perhatikan dibawah ini:

Pertama, pengajuan sebagai peserta PPG dengan:

Mengisi Formulir Pendaftaran PPG 2019
  • NUPTK
  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Fungsi
  • Instansi
    Data PPG yang diajukan:
  • Jenjang Mata Pelajaran PPG yang diajukan
  • Bidang Studi PPG yang diajukan 
  • Program Studi
  • Perguruan Tinggi
  • File Scan Ijazah Asli

Contoh Formulir pengajuan PPG

Kedua, Setelah mengajukan calon peserta PPG 2019 dengan mengisi formulir pendaftaran dan cek kelengkapan administrasi, silahkan cek melalui akun simpatika masing-masing apakah diterima atau tidak untuk ketahapan berikutnya, yaitu tes PPG. Untuk jadwal dan lokasi ujian Kanwil/Kemendikbud melalui akun resmi Simpatika akan menginformasikan. Maka jangan lupa cek ya! di akun simpatika masing-masing.

Nah, untuk mempersipakan tahap selanjutnya yaitu tes PPG (Pendidikan Profesi Guru) Tahun 2019 admin akan share contoh soal PPG berikut jawabannya. Saya kira soal tes PPG ini tidak akan jauh berbeda dengan soal yang akan diujikan.

Bentuk Soal Pretest PPG Kemenag & Kemendikbud Tahun 2019 Terbaru

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini 2019 ada tiga bentuk soal yang akan diujikan. Pelaksanaan tes dilakukan secara online dengan jumlah soal 125 untuk PAI dan 100 soal untuk Umum. Adapun ketiga tes tersebut meliputi:

1. Tes Potensi Akademik (TPA)
2. Tes Pedagogik
3. Tes Bidang Study

Waktu pelaksanaan tes online PPG diberi waktu hanya 2 jam. Maka sebaiknya pergunakan waktu 2 jam tersebut karena akan terasa lebih cepat. Bentuk soal semuanya pilihan ganda dengan soal deskripsi yang panjang dan mengecoh pemahaman pedagogik Anda.

Kisi-Kisi Soal PPG (Pendidikan Profesi Guru) 2019

Ada beberapa soal terkait dengan kompetensi guru yang wajib diujikan, diantaranya:
  1. Soal Perkembangan kognitif siswa
  2. Soal Kompetensi Pedagogik terkait dengan perkembangan sosial dan emosional peserta didik,
  3. Soal perkembangan moral peserta didik 
  4. Soal kesulitan belajar siswa
  5. Soal teori belajar
  6. Soal Perencanaan dan Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
  7. Sosial media dan TIK dalam pembelajaran
  8. Soal penilaian (penentuan KKM, fungsi KKM, dll)
  9. Soal pendekatan penilaian
  10. Soal tujuan, fungsi dan prinsip penilaian
  11. Soal program ramedial dan pengayaan
  12. Soal PTK
  13. Soal refleksi pembelajaran

Itulah kompetensi yang harus dikuasai peserta ujian sertifikasi (PPG) melalui soal-soal sebelum tes ujian PPG tahun 2019.  Silahkan anda pelajari dan kaji dengan semaksimal mungkin soal-soal diatas dengan mengisi soal latihan tes PPG yang akan admin share.

Soal dan Kunci Jawaban Tes PPG 2019

  • Download soal PPG (pendidikan profesi guru) >>> Part 1 disini, Part 2 disini <<<
  • Download soal PPG pretest PPG >>> Disini <<<
  • Download soal PPG Potensi Akademik >>> Disini <<<

Demikian yang bisa Saya share terkait contoh soal PPG Kemenag & Kemendikbu 2019 ini. Jumlah soal PPG akan disesuaikan dengan mata pelajaran. Untuk mata pelajaran PAI rata-rata berjumlah 120 soal.

Silahkan persiapkan dari sekarang sebelum pelaksanaan tes PPG 2019, melalui contoh soal-soal PPG anda bisa mengkaji lebih dalam lebih melebar sehingga wawasan dan pemahaman akan kompetensi seorang guru kedepannya akan lebih profesiaonal dan lebih dihargai oleh bangsa dan negara. Salam sukses..

Tag:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »