Cara Aktifkan Menu Tanpa Jadwal Absensi Guru Di Simpatika Tahun Pelajaran 2018/2019

September 13, 2018
PelajarKertosono - Update terbaru kemarin mengenai absensi guru di SIMPATIKA menghadirkan menu tambahan baru pada absen kehadiran guru di SIMPATIKA dengan adanya tambahan menu tanpa jadwal. Yang mana menu itu kemarin belum bisa digunakan karena belum adanya script pembaca pada aplikasi. Menu tanpa jadwal yang ditambahkan pada absensi kehadiran huru di SIMPATIKA ini sepenuhnya belum diketahui fungsinya karena belum adanya sosialisasi terkait hal tersebut, apabila anda melakukan sebuah tindakan pada absensi kehadiran guru di SIMPATIKA maka perlulah kehati-hatian karena jika salah sedikit bisa berakibat fatal. Dampaknya ada pada terbitnya
SKAKPT guru yang akhirnya jika tidak diterbitkan membuat guru tersebut tidak bisa mencairkan tunjangan profeai gurunya.

Berkaitan pada menu tanpa jadwal ada baiknya anda sebagai pengguna pihak Madrasah supaya berkordinasi dengan admin Kabupaten kota terlebih dahulu karena setiap Madrasah mempunyai atasan yang harus di ikuti karena penanggung jawab atas hal tersebut, jika admin Kabupaten tidak menyuruh menggunakan fitur itu maka anda jangan menggunakannya meskipun fitur tersebut telah aktif.

Menu tanpa jadwal ini merupakan menu yang mendukung absensi kehadiran guru supaya bisa menyesuaikan dengan jadwal yang sudah terinput di SIMPATIKA, dan itu artinya pada hari tersebut PTK tidak ada jadwal dan bisa menggunakan fitur tersebut. Tapi yang terpenting harus berkordinasi dahulu dengan admin Kabupate/Kota sebagai atasan sebelum menggunakan menu tersebut. Mengutip dari laman Admin Bawean, begini cara menggunakan fitur tersebut.

1. Masuk ke tautan : https://simpatika.kemenag.go.id/

2. Lalu login sebagai admin

3. Masukkan Username dan pasword admin/Kepala Madrasah Kemudian login

4. Setelah itu klik menu Sekolah => absensi => lihat absensi

5. Maka akan muncul halaman absensi

6. Kemudian klik icon segitiga kebawah 🔻 di salah satu PTK lalu klik icon pensil yaitu edit kehadiran maka akan muncul seperti gambar di bawah.


7.  Centang menu tanpa jadwal lalu simpan dan selesai.

8. Sebagai tambahan seting menu tanpa jadwal hanya bisa dilakukan satu persatu tidak bisa secara bersamaan karena tidak mungkin dalam satu hari guru dalam sekolahan tidak punya jadwal.

9. Jika merasa sudah semua silahkan cek rekap absensi bulanan untuk mengetahui hasilnya.


 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »