TRICK: CARA DELETE PAKSA FILE/FOLDER MENGGUNAKAN CMD

December 27, 2016
sepertinya ribet juga kalau sekedar menghapus folder atau file menggunakan Command Prompt (CMD). Ya memang benar, karena bukan hal yang sulit untuk menghapus file dan folder di komputer/laptop. Kita tinggal memilih file/folder yang akan dihapus lalu tekan Delete pada keyboard dan Enter, selesai. Lalu bagaimana kalau ternyata file atau folder tersebut tidak bisa dihapus? Karena terkadang hal sepele ini membuat kita kesal. Hal yang terlihat gampang justru akhirnya malah menjadi sulit. Karena bisa saja file atau folder yang terjangkit virus atau malware bahkan terdapat bugs di Windows efeknya file atau folder tersebut tidak bisa dihapus.

Masalah file atau folder tidak bisa dihapus banyak sekali caranya, mulai dari yang menggunakan software dan tanpa software. Bahkan kita bisa melakukan delete paksa file atau folder menggunakan Command Prompt (CMD).

Ketika kita menemukan file atau folder yang tidak bisa dihapus, setelah klik Yes untuk eksekusi delete malah muncul perintah coba lagi (Try Again). Terus saja muncul peringatan File Access Denied dan klik Try Again tidak dapat menyelesaikan masalah.

Berikut Cara Menghapus File Dan Folder Dengan CMD

Ok jika Anda saat ini menemukan masalah tersebut, coba praktikkan cara ini. Anda tidak perlu menggunakan software atau aplikasi khusus. Anda cukup mengandalkan fitur bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD).
Sebagai contoh disini saya mempunyai file yang tidak bisa dihapus dengan nama File Bandel.docx yang terdapat didalam Folder Bandel. Untuk menghapusnya coba sekarang Anda tekan Shift+Klik Kanan pada folder yang didalamnya terdapat file yang tidak bisa dihapus. Kemudian klik pilih Open command windows here.

Setelah jendela CMD aktif, silakan Anda ketik perintah dir/x lalu Enter.

Dalam contoh kali ini seperti yang sudah saya jelaskan diatas, saya akan mengahpus file yang tidak bisa dihapus dengan nama File Bandel.docx. Lihat sebelum nama file yang akan dihapus ditemukan FILEBA~1.DOC, nah perintah tersebut Anda ketik lagi dengan diawali dengan perintah Del. Dengan begitu setelah digabung menjadi Del FILEBA~1.DOC lalu tekan Enter.

Sekarang Anda lihat file tadi apakah masih ada atau sudah hilang? Jika hilang maka file tersebut sudah sukses kita hapus menggunakan CMD. Bagaimana mudah bukan?
Menghapus file dan folder menggunakan CMD juga bisa kita gunakan ketika menghapus file atau folder muncul peringatan Could not find this item. This is no longer located in C:\ . . . Verify the item’s location and try again.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »