OM TELOLET OM Fenomena Lokal Yang Meng-Global

December 22, 2016
Anak-anak dan remaja berdiri di pinggir jalan, menanti bus yang akan datang. Demi meminta dengungan telolet. Ya, “om telolet om” adalah fenomena lokal di Indonesia. Yaitu fenomena dimana orang-orang meminta kepada bus yang melaju di jalanan untuk membunyikan klakson mereka yang berirama.

Awal mula tercipta fenomena telolet dimulai dari Jepara, sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Bermula dari Jepara, fenome ini pun mulai mendunia. Semua orang yang eksis di media sosial mendengar istilah “om telolet om”. Misalnya saja seorang DJ ternama, DJ Snake yang melalui kicauannya di Twitter, ia membagikan  postingan dan video telolet versi dirinya. Bukan Cuma DJ Snake, tokoh terkenal lainnya diseluruh dunia ikut mendengungkan “om telolet om”, seperti Oliver Heldens, Hardwell, Zedd, hingga Martin Garrix.
Fenomena lokal pun akhirnya mengglobal. Hal ini membuat banyak orang bukan hanya di Indonesia, termasuk negara lain seperti Jepang ikut membicarakan topik om telolet om. Padahal, tren om telolet om hanya bermula dari keisengan anak-anak di pinggir jalan yang menanti kedatangan bus-bus antar kota. Kemudian direkam dan videonya di unggah ke Facebook. Dari sini, mulai banyak bermunculan video-video om telolet om dalam versi yang berbeda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »