Cara Mengatasi Baterai Smartphone Kembung

December 22, 2016
Bagi anda para pencari cara mengatasi baterai kembung, anda tentu pernah atau sering kali melihat baterai ponsel kembung, baik itu ponsel anda sendiri atau orang lain. Saat baterai dalam kondisi kembung, itu artinya baterai anda sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa kinerjanya sudah tidak bisa diandalkan.

Baterai kembung sendiri disebabkan oleh banyak hal, biasanya karena batas penggunaan yang sudah terlampaui, namun ada pula masalah pemakaian dan cara anda men-charger baterai atau ponsel tersebut.

Penyebab yang Sering Membuat Baterai Ponsel Kembung

Sebelum membahas apakah mungkin cara mengatasi baterai kembung bekerja seperti yang dibicarakan banyak orang, ada baiknya kita mengetahui beberapa hal yang bisa mengakibatkan baterai ponsel anda menjadi kembung yaitu:
  1. Men-charger dengan charger yang tidak original.
    Anda memiliki ponsel, namun charger anda sudah rusak dan tidak menggantinya dengan charger yang original. Perlu anda ketahui, bahwa charger ponsel memiliki yang namanya “output”. Begitu pula dengan “input baterai,” memiliki batasan seberapa besar batas maksimal ia bisa menerima. Anda bisa melihat spesifikasi input dan output pada baterai dan charger. Saat output charger lebih besar melebihi batas maksimal input baterai, maka bisa merusak baterai anda. Perlu dicatat, hal ini juga termasuk charger desktop/kodok dan power bank. Sebisa mungkin kurangi menggunakan power bank, terutama power abal-abal.
  2. Menggunakan ponsel saat sedang di charger
    Hal ini tidak akan langsung merusak baterai ponsel anda, namun secara pelan-pelan akan membuat kinerja baterai menjadi tidak optimal. Akibatnya, umur baterai menjadi lebih pendek. Ingat! Baterai juga memiliki umur, batas berapa kali ia bisa di charger. Nah, menggunakan ponsel saat sedang di charger bisa memperpendek usia baterai anda. Saat men-charger, baiknya jangan gunakan ponsel anda bahkan meski hanya untuk mendengarkan musik. Bila perlu, mematikan ponsel saat sedang di charger lebih baik.
  3. Usia Baterai
    Jika anda rasa anda sudah menggunakan baterai secara normal, berarti memang sudah tiba waktunya ajal menjemput baterai anda. Perlu dicatat, usia baterai bukan ditentukan oleh waktu seperti usia manusia, tetapi ditentukan oleh berapa kali baterai tersebut di charger (misal, batas baterai charger 5000 kali).
  4. Browsing, Downloading, Bermain Game
    Perlu dicatat, browsing dan download lebih banyak mengkonsumsi baterai ponsel anda dari pada bermain game. Semakin sering mengunduh file dari internet dan juga bermain game, maka semakin cepat habis baterai ponsel anda. Saat baterai habis, anda pun jadi semakin sering men-charger. Akibatnya, usia baterai akan cepat sampai.
  5. Baterai tidak pernah digunakan
    Anda mungkin membeli baterai tambahan sebagai baterai ekstra untuk cadangan saat baterai ponsel utama anda habis. Nah, baterai cadangan ini tidak terlalu sering anda pakai. Jika tidak pernah digunakan, kinerja baterai juga akan menurun dan bisa saja membuat baterai cadangan anda kembung.
  6. Baterai non-original
    Jika anda membeli baterai tidak original yang dijual dengan harga dibawah Rp 100 ribu, jangan terlalu berharap dengan baterai anda. Baterai palsu kinerjanya bisa dengan cepat menurun. Kalaupun tidak kembung, tetap saja kinerja baterai ponsel ini cepat menurun.

Cara Menangani Baterai HP Menggembung :

Apabila kamu terlanjur mendapati bahwa baterai smartphone telah membengak, maka poin-poin berikut inilah yang seharusnya dilakukan:

Jangan Charge Atau Gunakan HP

Selalu ingat bahwa baterai yang menggembung memiliki risiko yang lebih tinggi saat digunakan. Ia lebih berbahaya ketika di-charge karena kondisi di dalamnya yang lebih tidak stabil. Jika kamu tetap membandel, maka siap-siap saja untuk mendapatkan baterai yang bocor dan meledak.

Cabut Baterai Dari HP

Baterai yang membengkak akan memiliki kemungkinan yang tinggi untuk memperbesar ukurannya di kemudian hari. Maka dari itu, jika kamu ingin menjaga kondisi hardware dari smartphone tidak terpengaruh, maka langkah paling mudah ialah dengan mencabut baterai dari smartphone.
baterai-membengkak-2
Tindakan ini diperlukan karena baterai gendut dapat mendesak rangka di sekitarnya sehingga dapat menekan hardware. Lebih jauh lagi, baterai bahkan dapat bocor karena tertusuk oleh bagian tajam yang berada pada casing belakang HP.
Apabila smartphone dan baterai kamu bertipe non-removable, serahkan pada ahli untuk mencabutnya. jangan coba-coba untuk mencabutnya sendiri, atau garansi akan hilang, bahkan menciderai penggunanya sendiri.

Jangan Buang Baterai Gendut Sembarangan

Ini merupakan poin yang lebih penting lagi. Hindari tindakan untuk membuang baterai bengkak secara asal ke tempat sampah. Memang di Indonesia belum ada tempat yang khusus untuk mengolah sampah elektronik, terutama baterai. Akan tetapi bukan berarti kamu bisa membuang baterai malfungsi di mana saja.
Baterai harus diperlakukan khusus, entah itu dibuang secara kolektif atau disimpan secara hati-hati. Tapi ingat untuk tidak membuangnya ke tempat sampah. Apalagi jika tempat sampah tersebut rutin untuk dibakar.

Cara Menghindari Baterai Membengkak :

Jaga Baterai Tetap Dingin

Baterai yang awet ialah baterai yang disimpan dalam suhu yang wajar. Suhu yang terlampaui dapat meningkatkan rusaknya baterai HP. Hindari meninggalkan smartphone di mobil yang ditinggal atau jauhi penggunaannya pada ruangan minim ventilasi. Selain itu, baterai dan smartphone juga tidak baik untuk disimpan pada ruangan terbuka ketika siang hari yang terik.

Gunakan Charger yang Berkualitas

Charger yang bagus ialah charger yang berasal dari pabrikan asli. Akan tetapi jika kamu memang terpaksa untuk menggunakan charger dari merek lain, maka pastikan untuk memeriksa kualitasnya.
baterai-membengkak-4
Di luar sana ada banyak sekali charger murah namun memiliki kualitas yang tidak baik. Selain mengancam keselamatan baterai, charger ini juga berpotensi untuk merusak dirinya sendiri.

Jangan Dibiarkan Terus Di-Charge

Tetap jaga untuk tidak men-charge baterai HP terlalu sering. Baterai punya umur dan rentang ideal dalam jumlah charge. Semakin sering kamu mengisi baterai maka umur baterai tersebut juga akan berkurang.
Jangan biarkan pula smartphone tercolok terlalu lama pada charger ketika telah penuh. Ini dapat menaikkan suhu dan mengancam kualitas dari baterai tersebut.

Ganti Baterai Jika Dibutuhkan

Seiring dengan bertambahnya waktu, maka kualitas dari baterai akan terus berkurang. Mengganti baterai dengan yang baru merupakan langkah yang tepat mengingat bahwa baterai tua memiliki beragam risiko yang mengintai.
baterai-membengkak-3
Tapi kamu juga harus ingat bahwa selalu gunakan baterai asli. Hindari penggunaan baterai abal-abal dan KW hanya karena mereka memiliki harga yang lebih murah.

Belilah Hanya Baterai Original!

Ingat, jangan pernah membeli baterai abal-abal. Baterai yang menurut penjualnya adalah baterai asli namun kenyataannya palsu. Belilah baterai hp yang benar-benar original, dibuat oleh vendor yang memproduksi ponsel anda. Jika ponsel anda Samsung, pastikan dibuat oleh SEIN atau Samsung.
Mahal sedikit tidak masalah asal usia baterainya panjang seperti baterai bawaan ponsel anda, dari pada baterai palsu murah namun anda harus berkali-kali beli baterai karena kinerjanya umur pakainya yang lebih pendek, pada akhirnya harganya jauh lebih mahal karena anda harus berulang kali beli baterai palsu.
Sebagai tambahan, baterai original biasanya ada hologramnya, namun baterai berhologram pun kadang bisa dipalsukan (bungkus bekas baterai asli, dimasukkan baterai palsu dan dijual kembali). Jadi hologram tidak serta-merta bisa dijadikan sebagai acuan. Saya pribadi biasa membeli baterai original di situs marketplace seperti Tokop*dia. Disana penjual jujur lebih banyak dari pada penjual yang menipu. Bila baterai tersebut palsu, biasanya akan ditulis “original 99%” atau “OEM,” Jika sudah ditulis seperti ini berarti baterai itu tidak original. Sedangkan jika tertulis di deskripsi “baterai original,” maka kebanyakan memang benar-benar asli.
Untuk menguatkan dugaan kita, tanyakan apakah kemasan baterai ada segelnya (segel yang ada di tutup kemasan baterai). Jika ada berarti asli. Jika masih kurang percaya, lihat ulasan atau testimonial orang yang pernah membeli baterai di toko tersebut. Jika banyak nilai positif dan cukup banyak orang yang memberikan ulasan, berarti penjual bisa dipercaya.
Itu dia beberapa cara mengatasi  baterai HP yang kembung :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »