Cara Mengatasi BBM Pending di Smartphone Android

December 23, 2016

Anda yang sedang mencari cara mengatasi BBM pending tentu sedang mengalami hal ini, dimana BBM tidak terkirim dan terlihat status pending. BBM pending sendiri adalah suatu hal yang sangat sering terjadi di aplikasi BBM milik Blackberry.

Ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi BBM pending, terutama di ponsel Android. Namun sebelum melakukan cara ini, ada baiknya anda melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, apakah BBM pending memang disebabkan oleh masalah pada server Blackberry, atau masalah ada di koneksi internet anda.

BBM Pending? Periksa Jaringan dan Konektivitas Seluler Ponsel Anda

Jadi, saat BBM anda pending, sebelum melakukan cara mengatasi BBM pending ini ada baiknya anda periksa beberapa hal berikut yang menyangkut dengan konektivitas seluler dan jaringan yang anda gunakan.

  1. Periksa koneksi data seluler anda jika anda mengakses internet menggunakan data seluler. Apakah data seluler sudah aktif? Data seluler aktif biasanya ditandai dengan tanda G, E, H, H+ atau lainnya di bar notifikasi di bagian atas layar ponsel anda, tergantung dari jaringan yang anda gunakan saat ini apakah 2G, 3G atau 4G.
  2. Periksa Wi-Fi apakah aktif jika anda memang menggunakan koneksi Wi-Fi untuk mengakses internet. Jika Wi-Fi pada ponsel anda tidak aktif, silahkan aktifkan. Namun jika tidak bisa juga, mungkin masalah ada di koneksi Wi-Fi tersebut. Coba gunakan alternatif koneksi lain, seperti menggunakan jaringan Wi-Fi lain, atau menggunakan data seluler.
  3. Periksa apakah paket internet anda masih aktif. Jika anda tidak memiliki paket internet, atau paket/kuota internet anda sudah habis, jelas pesan BBM anda tidak akan terkirim. Untuk itu periksa apakah paket internet masih aktif, atau apakah kuota internet anda masih ada.
  4. Periksa jaringan operator yang anda gunakan. Apakah sedang ada trouble atau masalah. Beberapa operator di Indonesia sering mengalami masalah pada jaringannya yang membuat koneksi internet terganggu. Untuk memeriksa, anda bisa membuka akun jejaring sosial resmi (Twitter, Facebook, dll) dari operator yang anda gunakan. Atau anda bisa tanya teman anda yang menggunakan operator yang sama dengan anda apakah bisa mengakses internet atau tidak.
Jika semua pemeriksaan diatas sudah anda lakukan namun tidak ada masalah. Maka besar kemungkinan masalah ada di BBM anda sendiri, atau mungkin saja memang ada masalah pada server BBM. Berikut penyelesaiannya:

Cara Mengatasi BBM Pending di Android Jika Masalah Ada di Server BBM

Jika masalah ada di server BBM, maka tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki hal ini. Kita hanya bisa menyerahkan masalah ini kepada tim Blackberry dan menunggu  mereka memperbaiki masalah BBM pending.

Cara Mengatasi BBM Pending di Android Jika Masalah Ada di Aplikasi BBM

Jika masalah ada di perangkat atau aplikasi BBM, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Diantaranya adalah menutup paksa aplikasi BBM. Seperti yang mungkin kita ketahui bahwa aplikasi BBM berjalan di latar belakang. Tiap kali ponsel anda menyala, aplikasi BBM akan langsung berjalan sendirinya meski anda tidak membuka aplikasi tersebut.
Nah, jika aplikasi BBM anda mengalami pending, bahkan terlalu sering pending, maka kita bisa menutup paksa aplikasi BBM di perangkat anda. Bagaimana caranya?
Cara Mengatasi BBM Pending di Android yang Terlalu SeringDi ponsel Android, anda bisa membuka menu “Pengaturan” (jika ponsel anda menggunakan Bahasa Indonesia). Lalu cari menu “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi” (tergantung merek dan tipe ponsel).
Disana, anda akan menemukan jajaran aplikasi yang terinstal di perangkat smartphone anda. Temukan BBM, lalu ketuk/tap jika sudah ketemu. Anda akan melihat antarmuka seperti gambar disamping. Tekan tombol “Paksa Berhenti” atau “Force Stop” untuk menutup paksa aplikasi BBM. Setelah itu restart/reboot (matikan dan nyalakan kembali) perangkat anda.

Cara Mengatasi BBM Pending di Android Jika Masalah Ada di Smartphone Anda :

Jika cara diatas tidak juga mengatasi BBM pending di Android anda, maka masalahnya mungkin ada di perangkat smartphone anda. Biasanya ini terjadi karena memori perangkat yang sudah penuh. Coba periksa, berapa sisa memori internal ponsel Android anda?
Perlu anda tau, memori yang sudah kepenuhan sehingga hanya menyisakan sedikit memori internal bisa mengganggu kerja aplikasi, bahkan membuat sebagian aplikasi tidak bekerja. Dalam hal ini BBM tidak akan bisa menyimpan pesan baik yang anda kirim maupun yang anda terima. Untuk itu, coba kurangi file-file yang membuat memori internal perangkat anda penuh, atau bisa juga menghapus aplikasi jika anda terlalu banyak menginstal aplikasi di perangkat anda.
Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan dan menyalakan ulang “Data Seluler” perangkat anda, meskipun cara yang satu ini tidak dijamin akan menyelesaikan masalah.
Itulah beberapa cara mengatasi BBM pending di Android terutama jika memang sudah terlalu sering anda alami di smartphone anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »