Tips Aman Charger Smartphone Agar Tidak Meledak atau Terbakar

December 22, 2016
Belakangan kita sering mendengar laporan mengenai ponsel terbakar atau meledak. Agar tidak terjadi di kehidupan anda, silahkan ikuti tips aman men-charger ponsel di bawah ini.
Kasus ponsel meledak atau terbakar memang sangat sering terjadi. Bukan hanya di alami oleh Samsung saja, tetapi juga dari vendor lain seperti Apple (iPhone), Xiaomi, dan lainnya. Kebanyakan terjadi karena penggunakan aksesoris (seperti misalnya charger) yang tidak original. Namun jangan terlalu panik atau khawatir membeli ponsel, khususnya ponsel-ponsel yang selama ini menerima laporan terbakar atau meledak. Berikut ini tips aman mencharger ponsel.
Pertama dan yang paling utama, pastikan anda menggunakan baterai original, dan hanya mencharger ponsel menggunakan aksesoris original. Jangan sesekali menggunakan baterai atau charger dari pihak ketiga karena tidak sesuai dengan standar vendor/perusahaan pembuat ponsel. Ini sangat beresiko memicu ledakan atau masalah dalam ponsel.

Kedua, pastikan untuk men-charger dengan ponsel dalam keadaan mati. Vendor memang tidak pernah mengatakan kalau mencharger ponsel harus dalam kondisi mati, namun lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? Jika anda termasuk orang yang sibuk, siapkan dua baterai untuk berjaga-jaga jika baterai ponsel lowbet di siang hari atau saat-saat dimana ponsel anda tidak boleh mati. Dengan begini, anda tidak perlu mencharger sambil bekerja dengan ponsel anda. Charger-lah ponsel anda di malam hari saat anda sedang tidur atau tidak bekerja.

Ketiga, jangan pernah menggunakan ponsel sambil men-charger. Kebanyakan orang tidak mengetahui resikonya, namun menggunakan ponsel sambil mencharger sangat beresiko, seperti kesetrum. Misalnya, anda gemar menelpon pacar anda selama berjam-jam, hingga baterai ponsel anda habis. Namun anda memaksakan diri untuk tetap menelpon si dia sambil men-charger. Ini sangat berbahaya. Jika meledak, ledakannya akan berada tepat di wajah anda. Anda tidak mau bukan, wajah tampan/cantik anda cacat hanya karena mengabaikan peringatan dalam postingan ini? Bukan hanya kehilangan ponsel, anda juga bisa kehilangan pacar tersayang anda (karena melihat wajah anda sudah lecet).

Keempat, jangan pernah meletakkan ponsel dekat dengan anda saat masih tidur, terutama jangan meletakkan ponsel di bawah bantal. Ponsel, selain mengeluarkan radiasi yang berbahaya bagi tubuh, juga bisa panas saat tertimpa bantal atau tubuh karena tidak adanya ruang udara. Apalagi tubuh manusia yang memang mengeluarkan panas. Saat ponsel meledak dibawah tubuh kita, efek ledakan juga akan berdampak pada tubuh kita berupa luka bakar.

Itulah tips-tips aman men-charger ponsel agar tidak meledak atau terbakar. Selain itu jika pun terbakar, minimal anda hanya akan kehilangan ponsel anda, bukan kehilangan nyawa, bukan pula masuk rumah sakit yang membutuhkan biaya berjuta-juta. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, Terimakasih :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »