Friendly Search Engine Website - Merancang Website Yang Mudah Dikenali Oleh Search Engine

June 11, 2018

Karakteristik


Salah satu konsep yang menunjang kesuksesan bisnis melalui internet adalah desain website yang mudah dikenal oleh search engine (friendly search engine website). Sebagaimana sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, search engine adalah suatu program cerdas yang disebut sebagai "bots" yang digunakan untuk mencari halaman-halaman di internet yang kemudian diindeks dengan menggunakan parameter tertentu. Bots akan membaca informasi di setiap halaman website, kemudian menelusuri setiap link yang ada.



Berdasarkan pengertian di atas maka masalah yang dihadapi oleh para pelaku bisnis di internet adalah menemukan cara agar web mereka berhasil diindeks oleh search engine dan memastikan web yang telah berhasil diindeks muncul ketika para pengguna internet mencari data atau informasi dengan kriteria yang berkaitan dengan data atau informasi yang terdapat dalam website mereka. Hasil riset menunjukkan bahwa sebanyak 85% pengguna internet (netter) menggunakan search engine untuk mencari informasi yang mereka perlukan berkaitan dengan produk atau jasa yang akan digunakan (Sweeney, 2001:86). Mereka melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Setiap search engine memberlakukan kriteria tertentu untuk setiap website yang layak diindeks dan terdaftar pada search engine tersebut. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para pelaku bisnis di internet agar website mereka dapat diindeks dengan baik oleh search engine, antara lain:

1. Penggunaan frame

Dalam mendesain web, sebaiknya tidak menggunakan frame karena akan mempersulit search engine dalam mengindeks halaman-halaman dalam website tersebut. Frame biasa digunakan untuk membagi layar monitor komputer menjadi beberapa bagian. Kondisi tersebut akan mempersulit search engine dalam melakukan indeks; jika berhasil pun, hasil indeks tidak akan baik atau mungkin gagal.

2. Penggunaan image maps

Image maps adalah gambar grafis yang memungkinkan pengguna internet melakukan klik di bagian tertentu pada gambar tersebut yang kemudian diteruskan ke lokasi-lokasi tertentu. Image maps akan menghalangi search engine melakukan indeks halaman-halaman web kita karena dengan menggunakan peta grafis tersebut, seakan kita menutup pintu masuk menuju web kita. Sebagai alternatif cara, kita dapat menggunakan hyperlink atau peta situs dalam bentuk tekstual.

3. Penggunaan karakter tertentu

Jangan mendaftarkan halaman-halaman tertentu dalam web atau URL utama yang berisi karakter-karakter tertentu, misalnya "?", "&", clan "96", sebagai contoh "http://www.perusahaan.com/harga?". Search engine akan menolak untuk mengindeks halaman URL tersebut.

4. Penggunaan meta refresh

Jangan menggunakan meta refresh di halaman-halaman web kita karena search engine tidak akan mengindeks pada halaman-halaman yang berisi meta refresh. Meta refresh adalah suatu tag yang digunakan secara otomatis untuk menampilkan halaman baru.

5. Penggunaan splash page

Sebaiknya web tidak menggunakan splash page dengan Java atau Macromedia Flash karena halaman-halaman tersebut akan mengalami proses loading yang lambat sehingga search engine tidak akan berhasil mengindeks halaman-halaman tersebut.

6. Penggunaan tabel secara tepat

Tabel memiliki fungsi yang penting dalam mengatur tampilan web. Meski demikian, jika kita salah dalam menggunakannya maka akan menghambat search engine dalam melakukan indeks. Salah satu cara untuk mensiasati adalah dengan cara menempatkan teks di atas tabel utama, misalnya judul, moto perusahaan, atau tag line perusahaan yang ada. Kita juga dapat menampilkan himbauan (Call to Action) di bagian atas tabel utama tersebut.

7. Spamming terhadap search engine

Jangan melakukan spamming terhadap search engine dengan berbagai cara, di antaranya mengulang-ulang kata kunci dalam meta tag, misalnya <diskon,diskon, diskon, ....> seharusnya cukup sekali saja; menyembunyikan kata kunci dengan cara menampilkan kata kunci tersebut dengan huruf berukuran sangat kecil; mengulangi kata kunci dengan cara memberi warna huruf sama dengan warna latar belakang (background); sering melakukan penggantian judul dalam halaman yang sama sehingga seolah-olah halaman tersebut Baru.

8. Pentingnya penggunaan kata kunci (key word)

Kata kunci memegang peranan penting karena search engine menggunakan kata kunci tersebut untuk menentukan ranking; demikian halnya Para netter akan menggunakan kata kunci dalam mencari informasi yang mereka inginkan di internet.




Cara-cara dasar menentukan kata kunci adalah sebagai berikut:


  • Sebelum membuat kata kunci, pertimbangkan terlebih dahulu target sasaran pengunjung web kita.
  • Carilah inspirasi untuk membuat kata kunci melalui brosur atau sarana promosi offline lain yang sering digunakan dalam bisnis kita.
  • Kumpulkan beberapa kata kunci penting, kemudian pilih yang paling spesifik dan sesuai dengan bisnis kita.
  • Tempatkan kata kunci berdasarkan urutan tingkat kepentingan, misalnya "sepatu, harga murah, berkualitas", maksudnya kita menempatkan kata kunci "harga murah" sebagai poin yang lebih penting dibanding kata kunci "berkualitas".
  • Buatlah sebanyak mungkin daftar kata kunci yang sesuai karena search engine mengijinkan kita mendaftarkan kata kunci yang berbeda-beda.
  • Letakkan kata kunci pada bagian-bagian tertentu, misalnya di antara:
  • judul <TITLE> Kata Kunci </TITLE> 
  • deskripsi 
  • 200 hingga 250 karakter pertama di setiap halaman web kita 
  • bagian awal, tengah, dan akhir teks pada masing-masing halaman 
  • di setiap halaman, di mana kita menggunakan perintah header <H1> Kata Kunci </H>
  • Kenali dan pelajari kata kunci yang digunakan oleh pesaing bisnis kita, terutama yang berada di garda depan atau ranking tinggi sehingga kata kunci tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kita.
  • Selalu mengikuti kecenderungan perkembangan penggunaan kata kunci melalui perusahaan yang bergelut di bidang ini, misalnya http://www.wordtracker.com
  • Gunakan kata-kata atau frasa deskriptif dalam judul pada setiap halaman, misalnya "sepatu merek X dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau"
  • Jika memungkinkan, gunakan kata kunci di URL atau subhalaman, misalnya: http://www.perusahaan.com/ sepatu_murah.html.
  • Mengingat pentingnya kata kunci dalam pencarian informasi maka akan dibahas lebih lanjut di bagian lain.


Design Website

Tampilan fisik website sangat menentukan keberhasilan kita dalam menjalankan bisnis secara online. Jika tampilan website menarik dan mudah diikuti maka para pengunjung akan tertarik untuk mengunjungi web tersebut. Sebaliknya, tampilan website yang tidak menarik dan susah diikuti akan mengurangi minas pengguna internet untuk mengunjungi website tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang hams diperhatikan untuk membuat website kita menarik, berkualitas, dan mudah diikuti oleh pengunjung kita, antara lain sebagai berikut:



1. Merencanakan desain artistik website

Sebelum membuat program-program untuk menyusun website, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah membuat desain artistik untuk website tersebut. Desain artistik meliputi bentuk website, penggunaan table, mencantumkan gambar atau terbatas pada teks saja, diposisikan di tepi atau di tengah-tengah layar monitor, dan sebagainya.

2. Melihat-lihat website perusahaan lain

Sekedar sebagai referensi atau gambaran, kita perlu melihat-lihat website perusahaan lain, khususnya perusahaan sejenis yang akan menjadi pesaing (competitor) usaha kita. Hal tersebut dimaksudkan agar kita dapat membuat desain website yang berbeda dari yang sudah ada sekaligus mengisi kelemahan-kelemahan dari website perusahaan pesaing sehingga website kita lebih unggul dari berbagai sisi. Untuk membuat website tampak lebih menarik, kita dapat menyu-sunnya seperti urutan cerita (story board). Susunan tersebut seperti hirarki suatu organisasi yang dimulai dari pimpinan, menengah, dan bawahan. Jika diaplikasikan dalam website maka kita mulai menyusun halaman-halaman website dari halaman utama atau istilah teknisnya disebut index, dilanjutkan dengan halaman-halaman yang mengisi halaman mama. Berikutnya adalah menyusun beberapa subhalaman yang akan disertakan, dan seterusnya. Jika digambarkan maka susunan tersebut adalah sebagai berikut:

Skema susunan halaman website



3. Mengomunikasikan pesan secara jelas

Pesan yang akan disampaikan kepada calon konsumen melalui website hams dapat dimengerti dengan mudah oleh Para pengunjung website. oleh karena itu, sebaiknya pesan dibuat sejelas dan seringkas mungkin. Fokuskan pada pesan-pesan seperti: Apakah Anda akan membeli produk kami? Apakah Anda akan memesan produk kami? Apakah Anda bersedia membayar layanan kami? Jika pesan dibuat berbelit-belit dengan berbagai strategi melaiui banyak link halaman web, bisa dipastikan pengunjung akan segera meninggalkan web halaman tersebut.

4. Memanfaatkan nama domain web

Pemilihan nama domain akan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis online kita. Beberapa keuntungan jika kita memilih nama domain yang tepat dan mudah dihafalkan oleh pengunjung antara lain:

  • Jumlah traffic akan cepat meningkat
  • Domain dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan sebaiknya mempunyai domain sendiri.
  • Mobilitas web akan sangat tinggi.
  • Domain akan berpengaruh terhadap strategi pemasaran.

5. Memperhatikan hal-hal yang esensial dalam desain website.

Beberapa hal esensial yang perlu diperhatikan dalam penyusunan desain website di antaranya:
  • Adanya konsistensi antara logo perusahaan secara nyata dan logo dalam website.
  • Website hams mudah dibaca, diikuti, dan dijelajahi. Oleh karena itu, sediakan peta situs yang baik untuk menuntun pengunjung menjelajahi website kita.
  • Website sebaiknya mempunyai layout yang konsisten.
  • Halaman-halaman website sebaiknya tidak lebih dari 50 KB agar dapat diakses dengan cepat. Jika ukuran website melebihi 50 KB maka halaman akan sulit diakses sehing
  • ga pengunjung akan bosan dan meninggalkan website karena untuk mengaksesnya membutuhkan waktu yang lama.
  • Usahakan dalam kurun waktu tertentu ada informasi Baru atau What's new di website kita sehingga pengunjung tabu bahwa website kita senantiasa di-update.
  • Jangan memasang halaman website yang memberikan informasi mengenai website kita dalam kondisi perbaikan (under constructions) karena pengujung akan kecewa dan tidak mau mengunjungi website kita lagi.
  • Sebaiknya kita mendesain website dengan menggunakan berbagai ukuran agar dapat mengakomodir berbagai browser yang digunakan oleh pengunjung.
  • Sediakan informasi yang jelas tentang cara menghubungi kita agar sewaktu-waktu pengunjung dapat menyampaikan saran, keluhan, atau hal-hal lain yang perlu di-sampaikan untuk perusahaan kita.
  • Kita perlu memberikan informasi kepada para pengun-jung website tentang keamanan sistem transaksi pembelian produk kita.
  • Para pengunjung juga diberi informasi bahwa segala informasi tentang konsumen yang ada pada perusahaan akan tetap terjaga kerahasiaannya.
  • Sebaiknya website tidak perlu menggunakan background, gambar-gambar, atau suara yang akan membebani sehingga akses website menjadi lambat.

6. Gunakan grafik secukupnya

Terlalu banyak grafik akan membuat website semakin with diakses dan membutuhkan waktu yang lama untuk membukanya. Oleh karena itu, gunakan grafik secukupnya.

7. Sediakan petunjuk navigasi yang mudah dibaca dan diikuti oleh pars pengunjung sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan semua informasi yang ada di website kita.

8. Cek website kits dengan menggunakan berbagai jenis browser agar kita dapat melihat tampilan website kita dan berbagai browser.

9. Memilih materi yang mendukung tercapainya tujuan pemasaran

Salah satu cara untuk menarik pengunjung website kita adalah dengan cara mengisi berbagai materi yang menunjang tujuan-tujuan pemasaran, misalnya menambah fasilitas e-mail gratis atau chat room. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat mendorong pengunjung untuk kembali datang melihat-lihat website kits. Pertimbangan utama dalam memilih materi adalah yang dapat meningkatkan nilai tambah sebagai sarana memasarkan produk-produk kita.

10. Meningkatkan jumlah pengunjung dengan penawaran yang menggoda konsumen
Penawaran-penawaran yang menggoda konsumen dapat berupa penawaran-penawaran gratis. 

Penawaran-penawaran gratis tersebut dapat meningkatkan traffic pengunjung website kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »