Cara Mengecek Pendaftaran Web Di Search Engine (Search Engine Submission)

June 22, 2018

Melakukan Pengecekan Pendaftaran Web Di Search Engine

Setelah kita melakukan pendaftaran di search engine tertentu, kita dapat mengecek apakah website kita sudah terdaftar di search engine tersebut atau belum. Beberapa search engine memiliki fasilitas yang dapat mempermudah kita melakukan pengecekan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita gunakan:


AltaVista

AltaVista memiliki beberapa perintah yang dapat digunakan untuk mempersempit pencarian suatu URL atau halaman-halaman di dalam website tertentu. Perintah-perintah tersebut dapat dikombinasikan dengan istilah query untuk menyaring basil pencarian.

a. Pencarian URL
Untuk mencari suatu halaman yang terdaftar di indeks berdasarkan crawler maka kita dapat menggunakan perintah `url:', yaitu sebagai berikut:
url: http://searchenginewatch.com/webmasters/meta.html
Jika URL tersebut merupakan indeks maka URL yang bersangkutan akan ditampilkan. Untuk menemukan halaman-halaman yang terdapat di bagian tertentu dalam sebuah website, kita dapat menggunakan perintah seperti di bawah ini.
url: http://searchenginewatch.com/webmasters/
b. Pencarian Situs
Untuk menemukan semua URL dari suatu website, gunakan perintah 'host:', yaitu sebagai berikut:
host: searchenginewatch.com
Gunakan nama domain sebenarnya dan hilangkan prefix http://'. Perlu diperhatikan juga, jika kita menggunakan prefix `www' maka akan menghasilkan pencarian yang berbeda, misalnya:
host: www.searchenginewatch.com
Perintah di atas akan menampilkan halaman-halaman yang ditemukan oleh AltaVista dari Search Engine Watch dengan menggunakan prefix 'www'. Meski demikian, Search Engine Watch juga dapat dihubungi tanpa menggunakan prefix 'wvvw'. Pada praktiknya, cara ini merupakan teknik pencarian yang paling umum dilakukan sehingga orang akan secara otomatis sampai ke Search Engine Watch. Oleh karena itu, AltaVista sudah membuat indeks banyak situs tanpa menggunakan prefix www.

AllTheWeb.com/FAST Search

Perintah untuk mencari suatu URL atau beberapa halaman dari situs tertentu dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:

URL Search

Untuk mencari suatu halaman yang terdaftar di indeks berdasarkan crawler maka kita dapat menggunakan perintah 'url.all:', yaitu sebagai berikut:
url.all:searchenginewatch.com/webmasters/meta.html
Perintah di atas juga akan menghasilkan saw URL yang diindeks di search engine FAST yang didukung oleh Lycos.

Pencarian Site

Untuk menemukan semua URL yang terdaftar dari website tertentu, gunakan perintah "url.host:", yaitu sebagai berikut:
url.host:searchenginewatch.com
Gunakan nama domain sebenarnya dan hilangkan prefix 'http://'. Selain itu penggunaan prefix 'www' akan menghasilkan pencarian yang berbeda seperti telah dijelaskan sebelumnya.

Google

Perintah untuk mencari suatu URL atau beberapa halaman dari situs tertentu dapat dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:

URL Search

Untuk mencari satu halaman yang terdaftar di indeks berdasarkan crawler maka kita dapat menggunakan perintah 'allinurl:', yaitu sebagai berikut:

allinurl: senrchenginewatch.com/webmasters/meta.htmt
Perintah 'allinurl' ini bekerja seperti di AltaVista, yaitu menemukan beberapa halaman dalam website tertentu. Perlu diingat, dalam melakukan pencarian, hilangkan prefix 'http://'

Pencarian Situs

Untuk menemukan semua URL yang terdaftar dari website tertentu, gunakan perintah 'site', yaitu sebagai berikut: 
site: searchenginewatch.com searchenginewatch 
Perintah di atas akan menghasilkan semua halaman dalam daftar Google dari Search Engine Watch. Oleh karena itu, semua halaman hares menggunakan kata 'searchenginewatch' sebagai suatu bagian teks footer. Kombinasi pencarian hams dilakukan dengan format seperti di atas agar tidak gagal.

Inktomi

Pencarian di Inktomi mendukung beberapa basil yang diguna-kan oleh beberapa search engine yang berbeda. Berikut adalah cara untuk menemukan saw atau beberapa URL dalam indeks Inktomi.

Pencarian URL

Untuk mencari suatu halaman yang terdaftar di indeks berdasarkan crawler, kits dapat menggunakan perintah 'originurl:'. Dalam perintah ini, hanya digunakan bagian depan URL saja seperti di bawah ini: 
originurl: https://searchenginewatch.com/webmasters/meta.html 

Apabila URL tersebut terdapat dalam suatu index tertentu naka URL yang bersangkutan akan ditampilkan. Perintah ini juga sudah diujicobakan di semua layanan yang didukung oleh Inktomi, yaitu:
  • AOL Search
  • GoTo
  • HotBot
Perintah tersebut tidak akan berjalan di search engine iWon, LookSmart, atau MSN Search.

Pencarian Situs

Untuk menemukan semua URL yang terdaftar dari suatu website tertentu, gunakan perintah 'domain:', yaitu sebagai berikut:
domain: searchenginewatch.com
Gunakan nama domain sebenarnya dan hilangkan prefix 'http://'. Selain itu penggunaan prefix 'www' akan menghasilkan pencarian yang berbeda seperti telah dijelaskan sebelumnya.

HotBot

Untuk melakukan pencarian URL atau situs di HotBot dapat menggunakan link yang sudah tersedia. Jika pendaftaran dilakukan di Open Directory maka hasil pencarian akan ditampilkan terlebih dahulu dengan ciri terdapat link 'More like this' di bagian bawah hasil pencarian. Cara cepat untuk menemukan daftar situs kita adalah melalui link 'See results from this site only'. Pilih link tersebut maka kita akan menemukan semua halaman yang diindeks di Inktomi untuk web kita.

iWon clan LookSmart

Untuk melakukan pencarian URL atau situs di sini dapat menggunakan link yang sudah tersedia.
MELAKUKAN PENGECEKAN PENDAFTARAN WEB DI DIREKTORI Inktomi mempunyai perintah khusus yang dapat menuntun kita untuk menemukan halaman-halaman di dalam website tertentu, yaitu 'originurlpath:'. Gunakan perintah tersebut dengan kombi-nasi perintah domain sebagai berikut:
domain: searchenginewatch.com 
originurlpath: webmasters
Perintah di atas akan menghasilkan halaman-halaman dalam Search Engine Watch. Dengan kata lain, semua yang terdapat di area ini akan terdaftar di:
http://searchenginewatch.com/reports/ekgs/

Direktori Yahoo, LookSmart, dan The Open Directory


Yang dimaksud dengan direktori adalah search engine yang melakukan pendaftaran situs yang dikirimkan ke alamat mereka secara manual, yaitu dengan tenaga manusia bukan dengan menggunakan mesin robot (crawler). Dengan demikian, direktori tersebut cenderung mendaftar situs yang dikirim kepada mereka secara satu per satu sehingga memerlukan waktu yang lama. Dari ketiga direkori utama tersebut, hanya Yahoo yang mempunyai perintah khusus seperti 'u:' untuk menemukan URL tertentu, yaitu:
u:searchenginewatch.com 

Perintah tersebut akan menghasilkan semua halaman dari direktori Yahoo yang sudah diindeks secara manual oleh manusia.

sedang untuk direktori LookSmart dan Open Directory, kita dapat melakukan pencarian dengan cara melakukan searching domain atau halaman di bagian domain web kita secara manual dengan mengetikkan alamat domain tersebut di direktori yang bersangkutan.

Outsourcers

Beberapa search engine utama melakukan outsourcing untuk menghasilkan pencarian yang kita lakukan, misalnya MSN Search menggunakan informasi yang berasal dari LookSmart dan Inktomi. Untuk melakukan pengecekan URL atau halaman dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
http://submit.looksmart.com/info.jhtml?page=find

AOL Search

Untuk rnelakukan pengecekan di AOL Search, gunakan tip yang sama dengan pencarian di Open Directory agar kita dapat menemukan daftar yang tersedia di Open Directory dan di Inktomi.

LYCOS

Untuk melakukan pengecekan di Lycos, gunakan tip yang sama dengan pencarian di FAST agar kita dapat menemukan daftar yang tersedia di FAST.


MSN Search

Untuk melakukan pengecekan di MSN, gunakan tip yang sama dengan pencarian di Inktomi agar kita dapat menemukan daftar yang tersedia di Inktomi. 

NETSCAPE

Untuk melakukan pengecekan di Netscape, gunakan tip yang sama dengan pencarian di Open Directory agar kita dapat menemukan daftar yang tersedia di Open Directory dan di Google.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »