Prosesor adalah perangkat terpenting sebuah komputer

April 02, 2019
Prosesor adalah perangkat terpenting sebuah komputer, yaitu tenaga pelaksana sebuah eksekusi perintah atau program.

Prosesor adalah perangkat terpenting sebuah komputer
Prosesor adalah perangkat terpenting sebuah komputer

Prosesor yang mendominasi pasar saat ini adalah prosesor Intel Xeon Mp, buatan perusahaan Intel yang memiliki kinerja tinggi. Merek lainnya adalah Athlon XP dan Athlon 64, prosesor generasi ke-8 buatan AMD (Advanced Micro Devices). Prosesor AMD menjadi alternatif yang tepat karena memiliki kinerja yang tinggi dengan biaya investasi terjangkau. VIA juga merupakan salah satu produsen prosesor. Meski tidak begitu dikenal karena daya saing kecepatan transmisi data dan kemampuan daya tahan panasnya, tetapi harganya lebih terjangkau. Berikut jenis prosesor yang digunakan.

  • Prosesor buatan Intel: Celeron, Cyrix, Intel Pentium, Xeon Mp, dan "Prescott"
  • Prosesor buatan AMD: Duron, Athlon Thunderbird, Athlon Xp, dan Athlon 64
  • Prosesor buatan VIA: C3 Ezra dan C3 Samuel

Prosesor komputer disebut juga CPU atau satuan pengolah pusat yang melaksanakan kegiatan dalam tiga bagian penting berikut ini.

ARITHMATICS LOGICAL UNIT (ALU)

Merupakan pusat segala perhitungan matematis, seperti pen-jumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta melakukan operasi logika, seperti AND, OR, NOT, XOR yang harus dilaksanakan oleh sistem komputer.

CONTROL UNIT (CU)

Bagian yang mengatur semua jalur lalu lintas data, maupun perhitungan yang dilakukan oleh prosesor. Dengan unit ini, segala perhitungan den eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan lainnya.

REGISTER UNIT

Merton internal yang merupakan unit pendukung. Berfungsi
sebagai tempat menyimpan data dan program dengan lebih cepat jika
dibandingkan memori utama.
Register unit sendiri dan dua bagian.

  • Register CPU, WKS reyiikr umum yang berisi sekumpulan register. yaitu legs A, B, C, Q E, F. HL, dan SP untuk proses simulasi
  • Register Intruksi (RI), Digunakan untuk menampung instruksi memori yang ditunjuk dell PC (program counter) untuk melakukan eksekusi data.

Secara konseptual, unit register sama dengan unit memori utama. Namun, secara fisik, register berada di dalam CPU.

Proses Kerja CPU

Central processing unit adalah bagian utama komputer, dikenal dengan sebutan microprocessor. Berfungsi mengatur sebagian proses komputensasi. Memiliki nitai proses kecepatan dengan satuan mega hertz (Mhz). Semakin besar nilainya. semakin cepat pula proses eksekusi yang dilakukan komputer.

CPU sebenarnya sebutan untuk prosesor. Namun, orang sering menggunakan istilah CPU untuk casing dan komponen komputer yang ada di dalamnya.

Microprocessor adalah nemtuk khusus dari rangkaian terpadu (integrated circuit) yang terbuat dari silikon. Microprocessor bekerja sama dengan bagian lain komputer, yaitu memori dan peralatan I/O. Perhatikan gambar brikut



Berikut ini penjelasan dari skema di atas.
Dalam microprocessorterdapat register, yaitu tempat menyimpan data yang akan diproses oleh CPU.

Register menyimpan hasil hitungan atau menyimpan angka yang menyatakan berapa kali suatu operasi harus dilakukan. Misalnya, instruksi atau perintah-perintah yang tersimpan di memori dalam bentuk program.

Data dari bus data dialirkan satu per satu melalui bus dalam dan ditaruh di dalam register instruksi. Proses selanjutnya dilaksanakan oleh bagian kontrol sistem CPU yang mengirimkan isyarat-isyarat kendali ke seluruh bagian CPU dan juga bagian luar CPU. Hubungan keluar CPU dilakukan melalui sistem bus kontrol.

Dengan demikian. CPU tidak langsung berhubungan dengan bagian-bagian lain komputer. Melainkan berhubungan dengan tiga buah bus, yaitu bus data, bus addres, dan bus kontrol yang disebut dengan bus sistem.

Bus sistem berfungsi sebagai jalur lalu-lalang data dan instruksi antara CPU dan memori. Bus ini juga yang menjadi penghubung antara CPU, memori, dan proses I/O. Misalnya, bus data digunakan untuk menyalurkan data keluar-masuk CPU dan bagian lainnya, seperti memori, I/O, dan periferal.

Jika CPU ingin mengirim data ke lokasi memori maka data mengalir ke dalam bus data dan mengalokasi data melalui bus adres, serta mengaktifkan memori melalui bus kontrol. Jika data dalam bus data mengalir ke dalam piranti-piranti yang diaktifkan melalui bus adres dan bus kontrol maka piranti yang lain dibuat nonaktif sehingga tidak dapat menerima data yang ada di dalam bus data.

Sebagal gambaran, jika komputer menggunakan tipe microprocessor 8080 dan 6800, berarti data yang diolah oleh CPU adalah data 8 bit. Apabila menggunakan microprocessor 8086 dan 68000 maka bekerja dengan data 16 bit. Microprocessor 80486 produk Intel dan Microprocessor 68030 produk Motorola bekerja dengan data 32 bit.

Pada jenis prosesor yang ada sekarang, memory unit sudah berada pada bagian dalam prosesornya (core), disebut dengan cache memory atau memori internal (cache). Terdiri dari dua lapis, yaitu cache level-1 dan cache level-2. Letaknya dekat dengan pusat perhitungan sehingga aksesnya akan semakin cepat.

Cache memory digunakan untuk mengakses data atau instruksi ke CPU. Lebih cepat dibanding memori biasa karena dapat mengatasi kesenjangan kecepatan antara chip memory biasa dengan CPU. Juga mengurangi waktu tunggu proses CPU dalam mendapatkan data dari memori.

Cache memory terdiri dari dua bagian.

  • Cache memory di dalam (internal) CPU - Cache memory ini kecepatan aksesnya sangat tinggi, sesuai dengan harga prosesornya. Contohnya, P-4, AMD-Athlon yang mempunyai internal memory cache L1 dan L2.
  • Cache memory di luar (eksternal) CPU - Cache memory ini berada pada- motherboard. Kecepatan aksesnya tidak secepat memori internal. Semakin besar kapasitas memorinya maka semakin cepat aksesnya, dan semakin mahal harganya. Contohnya, memori dengan kapasitas 128 Kb, 256 Kb, 512 Kb, 1 Mb, dan seterusnya.



Pada sistem kerja cache memory, antara CPU dan memori primer dipasang suatu memori yang agak kecil, tetapi mempunyai waktu raih yang amat singkat dan cepat, misalnya memori ECL.

Pada sistem cache, CPU mengambil sekelompok instruksi sekaligus dari memori primer dan menaruhnya ke dalam cache ECL. Sementara CPU sedang melakukan instruksi yang ada di dalam register instruksi, bagian lain CPU mengambil sekelompok instruksi lagi dari memori primer. Jika pengambilan instruksi tidak dapat dicapai maka proses ini disebut missing cache. Jika dapat dicapai, disebut keadaan cache hit, yaitu kecepatan raihan memori sama dengan waktu raihan cache.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »