Penjelasan External Storage

April 15, 2019
External storage adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan CPU. Digunakan untuk menampung data yang besar. Data yang berada dalam external storage tidak langsung dikontrol oleh komputer, meskipun datanya berasal dari main storage. Dalam hal ini, data yang berada dalam external storage adalah data sebelum dan sesudah diproses oleh komputer.

Karena prosesor tidak berdaya tanpa memori maka dilakukan berbagai upaya untuk melakukan sistem memori yang balk. Meskipun demikian, karena memori komputer berwujud ROM yang bersitat permanen atau memori RAM yang bersifat remanen, memori yang berbentuk chip ini sangat terbatas kapasitasnya. Oleh karena itu, diperlukan memori yang dapat ditulis, disimpan, dan dihapus, yaitu dengan media penyimpan external storage. Misalnya. dengan penggunaan magnetic disk (seperti floppy disk, harddisk, dan CO ROM) dan magnetic tape (seperti pita/tape).

Pita Perekam (Magnetic Tape)
Adalah salah satu media penyimpan data dalam sistem komputerisasi dan mempunyai kesamaan dengar kaset lagu-lagu. Media ini berbentuk tape reel dan merupakan pilihan alternatif selain disket atau magnetic disk.

Penjelasan External Storage
Penjelasan External Storage 


Pertama kali diperkenalkan tahun 1971 oleh perusahaan 3M Corporation. Dipakai pada komputer jenis mini dan mainframe. Magnetic tape unit membaca atau menulis data dari dan ke pita magnet melalui read/write head. Proses menulis pada pita magnet sifatnya destructive, yaitu data baru ditulis dan data lama akan langsung terhapus. Proses membacanya bersifat non-destructive, yaitu sesudah dibaca, pita magnetic masih berisi data yang sama dengan sebelum dibaca.

Berikut ini karakteristik magnetic tape:

  • Ukuran pita:

          - Lebar 1/2 inch atau 35 mm.
          - Panjang pita 600, 800, 1200, dan 2400 feats.

  • Pita terbuat dari bahan campuran plastik dan ferric oxide.
  • Jumlah data yang disimpan dengan kapasitas terkecil adalah 20 Mb. Untuk jenis tape optis, dapat menyimpan 1000 Gb atau 1 Tb (tera byte) dan panjang pitanya 800 m.
  • Organisasi file pada pita adalah sequential organization, yaitu penyusunan yang berurut. Untuk mencari data, dimulai dari data pertama sampai data tersebut ditemukan.
  • Pengambilan data tertentu (retrieval) sangat lambat. Sebelum sampai, data yang dimaksud harus melalui dan membaca data demi data sebelumnya. Hal ini disebut sequential access.
  • Data yang disimpan umumnya data yang tidak memerlukan perubahan (data baku) atau untuk back up data.
  • Kecepatan baca atau mencatat data tergantung model dan instruksinya. Namun, dapat diperkirakan antara 15.000 sampai 60.000 bytes per detiknya.

Berikut ini jenis magnetic tape drive:

  • Media input berbentuk cassete tipe drive internal dengan interface IDE berkapasitas 30 Gb, bermerk Onstream-D130 FAST
  • Media input berbentuk cassete perangkat back up portable dengan tipe drive eksternal. Interface USB mempunyai kapasitas memori 20 Gb de-ngan merek Seagate TRAVAN 20.
  • Kedua jenis drive ini tidak ada yang bekerja cepat untuk mom-back up data atau file. Untuk drive TRAVAN 20, butuh waktu sekitar tiga jam untuk mem-back up data atau file pada harddlak berkapasitas 6 Gb. Drive D130 FAST membutuhkan waktu separuhnya untuk mem-back up data harddisk berkapasitas 6 Gb.
  • Merek IBM, ultrium eksternal drive tape. Tipe single drive, yaltu: LTO 3581 (single cartridge) dan LTO 3582 (7 cartridges), dengan interface USB yang mempunyai cartridge kapasitas 200 Gb dan native 400 Gb compressed. Kecepatan transfer data rata-rata 35 Mbps, native 70 Mbps compressed.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »