Penjelasan Portable Drive

April 17, 2019
Merupakan piranti penyimpan data, pengganti floppy drive yang bisa dipindahkan. Contohnya sebagai berikut.

Penjelasan Portable Drive
Penjelasan Portable Drive

ZIP DRIVE

Merupakan floppy drive jenis lain buatan lomega. Piranti ini menggunakan floppy disk berkapasitas tinggi dengan volume penyimpanan data 100 Mb dan 250 Mb. Jika Anda memilih yang berkapasitas 100 Mb, harganya sekitar US$ 60. Masih lebih murah daripada harga CD dengan kapasitas jauh lebih besar.

ZIP DRIVE
ZIP DRIVE


Walaupun zip drive itu sendiri tidak termasuk yang tercepat, tetapi karena pertimbangan portabilitasnya, tidak salah untuk memilih model zip drive dengan koneksi USB. Ini akan lebih memudahkan saat pindah antar PC dalam mentransfer file besar dan kompatible dengan disk drive 1,44 Mb.

PEN / FLASH DRIVE

Merupakan piranti penyimpan, pengganti floppy drive jenis lain yang berkapasitas memori 128 MB dan menggunakan kabel interface jenis USB (universal serial bus). Sangat praktis dan ringan dengan ukuran 96 x 32 mm dengan bagian belakang agak menjurus keluar. Digunakan untuk tempat penyimpanan baterai jenis AAA, terdapat port USB dengan penutup berbentuk sama dengan body utamanya dan mempunyai layar LCD berukuran 29,5 x 11 mm.

PEN / FLASH DRIVE
PEN / FLASH DRIVE


Pen/flash drive digunakan untuk berbagai keperluan dengan mengendalikan tombol-tombol yang tersedia di kedua sisi samping body-nya. Berikut ini fungsi-fungsinya.


  • Untuk storage - Salah satu tombol difungsikan melakukan lock agar data di dalamnya dapat diproteksi.
  • Untuk fitur MP3 player - Tersedia sebuah tombol On/Off, tombol menu, serta tombol-tombol bantuan untuk mengatur setting yang disediakan.
  • Untuk sumber tenaga - Tersedia sebuah port khusus untuk menampung daya baterai jenis AAA di bagian belakang dalam penggunaan MP3 player, voice recording, atau FM Tuner
  • Untuk penyimpan data biasa - Sumber tenaga diambil langsung melalui USB yang dikoneksi ke PC. Secara otomatis layar LCD akan menyala dan menampilkan pesan pada layar, yang memberitahukan bahwa koneksi sedang berlangsung antara pen drive dengan PC.
Pen/flash drive mempunyai kemampuan transfer data untuk penulisan mencapai 350 Kbps, sedangkan untuk pembacaan mencapai 665 Kbps. Pada kelengkapan pendukungnya, tersedia peralatan earphone, baterai jenis AAA, kabel extensi USB, dan CD driver pen drive untuk install. Namun, untuk versi Windows ME, 2000, dan XP sudah dapat mendeteksi untuk konfigurasi pen drive, kecuali sistem operasi Windows 98.

Berikut beberapa perusahaan pen drive dengan kapasitas 128 Mb:

  • Merek Cryptonix Amaze menggunakan USB 1.1
  • Merek Gear Waltz menggunakan USB 1.1
  • Merek Acer MF-350 menggunakan USB 1.1
  • Merek MSI Mega Stick menggunakan USB 2.0
  • Merek Hyunday-305 menggunakan USB 2.0


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »