Terbaru backlink berkualitas untuk situs web

May 20, 2020

Bagi Anda yang baru mulai membuat blog atau situs web, istilah apa backlink mungkin masih kurang familiar. Apa yang membedakan backlink dari jenis tautan lain? Mengapa istilah backlink sering muncul dalam diskusi SEO (Search Engine Optimization)? Mengapa Anda harus memahami backlink dan menerapkannya di situs web atau blog Anda? Bagaimana Anda mendapatkan backlink berkualitas? Semuanya akan dibahas dalam artikel ini, mulai dari apa itu backlink.

APA ITU BACKLINK?
Backlink adalah tautan yang ditempatkan di blog / situs web yang mengarah ke halaman blog / situs web Anda. Aktivitas membangun backlink juga disebut membangun tautan. Ada juga istilah tautan eksternal dan tautan masuk. Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink. Anda adalah pemberi backlink ketika Anda meletakkan situs web atau tautan blog orang lain di situs web Anda. Penerima backlink adalah situs web yang mendapatkan tautan dari penyedia backlink.

Cukup sederhana, bukan? Meski terlihat sederhana, backlink juga memainkan peran penting dalam kesuksesan situs web atau blog Anda.

MENGAPA BACKLINK PENTING?
Setelah memahami apa itu backlink, saatnya mempelajari mengapa backlink itu penting. Apa manfaat yang bisa didapat dari backlink dan mengapa Anda juga harus menggunakannya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink penting:

- Google Menemukan Situs Web Anda Melalui Tautan Balik
Penjelasan termudah di balik pertanyaan "Mengapa tautan balik penting?" Ini adalah cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu merangkak untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu.

Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, merayapi halaman itu, dan kemudian menempatkannya di indeks Google.

Pikirkan tentang ini. Anda akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung ke lokasi lain, bukan? Lokasi terpencil yang tidak terhubung ke lokasi lain akan lebih sulit ditemukan. Begitu juga dengan halaman web. Halaman web yang tidak mendapatkan backlink dari situs web lain akan sulit ditemukan oleh Google.

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin mudah Google akan menemukan halaman situs web Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas backlink. Anda tidak bisa gegabah dalam mencari backlink. Karena backlink berkualitas sebenarnya dapat merusak situs web Anda.

- Tautan Balik Berguna untuk Mempertahankan Reputasi di Google
Ketika orang mencari kata kunci di Google, Google akan mencoba memberikan hasil pencarian terbaik untuk pencari. Google tentu saja akan mengarahkan pencarian ke halaman situs web populer. Bagaimana Google menilai halaman situs web populer atau tidak? Ya benar. Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas halaman situs web. Semakin banyak backlink yang menunjuk ke situs web Anda, semakin baik reputasi situs web Anda akan dinilai oleh Google.

- Backlink yang Relevan Tingkatkan Kredibilitas Website
Sebelumnya saya jelaskan sebelumnya bahwa backlink adalah indikator penting dalam menentukan popularitas suatu halaman web di Google. Namun, Google tidak hanya menghargai backlink dalam hal kuantitas. Google juga mengevaluasi backlink di situs web Anda berdasarkan relevansinya.

Apa yang dimaksud dengan backlink yang relevan? Tautan balik yang relevan adalah tautan balik yang diperoleh dari situs web atau blog dari relung yang relevan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink yang relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari situs web atau blog yang ceruknya adalah teknologi. Dengan begitu perusahaan smartphone dapat dianggap kredibel oleh Google.

Apa yang terjadi ketika perusahaan smartphone mendapat backlink dari kecantikan, mode, atau bahkan blog atau situs web furnitur? Tentu saja Google akan mempertanyakan kredibilitas situs web perusahaan smartphone, apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk industri smartphone dan teknologi?

- Tautan Balik Membawa Lalu Lintas ke Situs Web
Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa backlink dapat membantu situs web untuk lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga mereka dapat muncul dalam hasil pencarian. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin baik penilaian Google terhadap situs web Anda. Maka halaman situs web Anda bisa mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Selain traffic yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan traffic dari tautan yang ditanam di situs web penyedia backlink. Apalagi jika situs web backlinker sudah memiliki reputasi baik di Google dan mendapat banyak traffic. Lalu lintas yang diperoleh dari situs web penyedia backlink juga akan mengarah ke situs web Anda.

STRATEGI UNTUK MENDAPAT BACKLINKS KUALITAS
Backlink berkualitas tidak mudah diperoleh. Strategi membangun backlink berkualitas terdiri dari memulai dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan solutif. Berikut ini cara mendapatkan backlink berkualitas di situs web Anda.

- Bangun Kredibilitas
Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda harus terlebih dahulu membangun kredibilitas situs web atau blog Anda. Seperti yang telah saya sebutkan dalam poin Kualitas Link Outbound, biasanya situs web atau blog dengan backlink berkualitas hanya bersedia memberikan backlink berkualitas ke situs web dan blog. Karena itu, Anda perlu membangun kredibilitas terlebih dahulu.

- Menulis Konten Lengkap dan Terlarut
Bagaimana cara membangun kredibilitas situs web atau blog Anda? Tentu jawabannya ada di konten. Pastikan konten di situs web Anda lengkap dan dapat menjawab pertanyaan pencari. Konten yang Anda tulis juga harus solutif. Jadi setelah membaca artikel di blog atau situs web Anda, pembaca dapat memecahkan masalah yang mereka alami. Dengan begitu mereka tidak ragu untuk membagikan artikel Anda di media sosial atau bahkan situs web atau blog mereka.

- Membuat Konten Unik
Selain konten yang lengkap dan solutif, konten Anda juga harus unik. Jika memungkinkan, buat konten yang belum dibuat oleh orang lain. Suatu pandangan yang belum pernah diambil orang lain sebelumnya. Misalnya, Anda dapat melakukan studi kasus tentang pelanggan atau bisnis Anda. Keunikan konten Anda akan menarik orang lain untuk menyematkan tautan ke situs web atau blog Anda.

- Membuat infografis
Terkadang orang malas membaca paragraf panjang. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan infografis. Buatlah infografis agar orang tertarik membaca artikel Anda. Selain itu, lebih mudah bagi orang untuk berbagi infografis karena lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

- Gunakan Alat Backlink
Keempat cara di atas adalah cara untuk mendapatkan backlink secara alami. Konten yang bagus, unik, lengkap, dan solutif akan menarik orang untuk menaruh situs web atau tautan blog Anda di situs web mereka.

Meski begitu, Anda juga harus mengambil bola untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Karena situs web dan blog dengan backlink yang berkualitas perlu didekati secara pribadi terlebih dahulu untuk kemudian dapat menanam backlink di sana.

Untuk menemukan situs web dan blog berkualitas, Anda memerlukan bantuan pihak ketiga seperti Ahrefs. Hingga saat ini, Ahrefs adalah alat terbaik untuk menemukan backlink yang berkualitas. Dengan Ahrefs Anda dapat menemukan blog dan situs web berkualitas berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui kredibilitas situs web melalui Peringkat Domain (DR) dan jumlah lalu lintas yang dihasilkan.

- Gunakan Platform Berbagi Konten
Sebagian besar orang membagikan artikel atau konten terbaru mereka di media sosial. Itu memang wajib. Namun, selain berbagi konten di media sosial, Anda juga perlu berbagi platform berbagi konten konten Anda.

Platform berbagi konten seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare dapat digunakan untuk menempatkan situs web atau tautan blog Anda. Anda dapat menulis artikel baru yang masih terkait dengan topik yang Anda diskusikan dan kemudian menempatkan tautan artikel yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda mendapatkan backlink dari platform berbagi konten. Meskipun tautannya adalah nofollow, metode ini masih layak digunakan untuk mempromosikan konten blog atau situs web.

- Lakukan Blogging Tamu Blogging
tamu adalah ketika Anda menulis artikel yang tidak akan dipublikasikan di blog Anda sendiri, tetapi dipublikasikan di blog atau situs web orang lain. Dalam artikel Anda memasang tautan ke blog atau situs web Anda. Namun, Anda perlu memilih blog atau situs web dengan traffic tinggi agar blogging tamu dapat merasakan manfaatnya.

KRITERIA DAN CONTOH BACKLINKS KUALITAS
Anda tidak bisa gegabah dalam mencari backlink. Google tidak menilai backlink berdasarkan kuantitas saja, tetapi juga mempertimbangkan kualitas. Ingat, backlink berkualitas hanya akan merugikan Anda. Jadi Anda harus hati-hati memilih backlink untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Apa kriteria backlink berkualitas? Berikut adalah enam kriteria backlink berkualitas:

- Relevansi
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Anda harus mendapatkan backlink yang relevan untuk mendapatkan efek positif dari backlink. Bagaimana cara menentukan situs web yang relevan dengan situs web Anda?

Buat potensi situs web prioritas untuk ditanamkan backlink. Anda dapat mengelompokkannya ke dalam grup situs web potensial. Dari sangat relevan, sangat relevan, hingga tidak relevan.

Grup backlink yang sangat relevan adalah situs web yang sebagian besar isinya adalah ulasan produk tertentu. Misalnya, bisnis Anda adalah komputer dan laptop. Cari situs web atau tinjau blog yang secara khusus meninjau komputer dan laptop.

Pada kelompok backlink cukup relevan, Anda dapat memperluas kriteria calon backlink. Anda dapat mencari blog atau situs web yang kebanyakan posting tentang teknologi, bukan hanya laptop dan komputer.

- Memiliki Kewenangan (Authority)
Relevansi saja tidak cukup. Anda juga harus memastikan situs web bahwa Anda akan menanam backlink benar-benar memiliki kredibilitas dan pengaruh. Bagaimana Anda memastikan kredibilitas situs web? Anda dapat memeriksa kredibilitas situs web menggunakan perangkat lunak seperti Ahrefs. Kredibilitas di Ahrefs diukur menggunakan skala 1 hingga 100 yang disebut Peringkat Domain (DR). Peringkat Domain mengukur berapa banyak backlink berkualitas yang didapat situs web. Semakin tinggi nilai DR, semakin besar potensi backlink.

- Lalu Lintas
Selain Peringkat Domain (DR), Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah lalu lintas yang dihasilkan oleh situs web sebelum menjadikannya backlink. Untuk mengukur berapa banyak lalu lintas yang dihasilkan situs web per bulan, Anda juga dapat menggunakan Ahrefs. Pastikan situs web yang akan ditanami backlink benar-benar mendapat traffic.

- Standar Editorial
Perhatikan juga standar editorial konten situs web yang akan ditanami backlink. Biasanya yang menghasilkan backlink berkualitas adalah situs web dengan standar editorial yang ketat seperti portal berita atau blogger yang kredibel.

-
Situs Web Kualitas Tautan Outbound dengan backlink berkualitas baik biasanya hanya akan memberikan backlink berkualitas ke situs web. Karena itu, perhatikan tautan keluar dari situs web prospektif yang akan ditanami backlink. Apakah track record outbound mereka bagus? Apakah mereka menyediakan tautan keluar berkualitas ke situs web?

- Google diindeks
Terakhir dan yang paling penting adalah Google diindeks. Situs web yang akan Anda tanam tautan baliknya harus diindeks oleh Google. Jika situs web tidak diindeks oleh Google, situs web itu harus ditinggalkan. Karena menanam backlink di situs web yang tidak diindeks oleh Google tidak berguna.

Cara memeriksa apakah situs web telah diindeks oleh Google atau tidak cukup mudah. Buka Google. Kemudian ketik "situs: examplewebsite.com". Jika setelah itu tidak ada yang muncul, tinggalkan situs web

Terakhir, dapatkah Anda menanam backlink di situs web yang tidak relevan dengan bisnis Anda? Jawabannya adalah ya dan tidak. Ya, Anda dapat menanam backlink di situs web yang tidak relevan dengan persyaratan situs web memiliki lalu lintas super tinggi dan mendiskusikan beragam konten seperti portal berita. Jika situs web tidak relevan dengan bisnis dan tidak memiliki lalu lintas tinggi, Anda harus meninggalkannya.

KESIMPULAN
Membangun situs web dengan backlink yang berkualitas membutuhkan banyak upaya. Perlu diingat bahwa sebelum membangun backlink yang berkualitas, Anda harus terlebih dahulu membangun fondasi utama, yaitu konten. Tidak peduli berapa banyak backlink yang Anda dapatkan, semuanya akan sia-sia tanpa konten yang unik, lengkap, dan berkualitas.

Tautan balik yang Anda dapatkan juga harus memenuhi kriteria tertentu sehingga efeknya bisa dirasakan. Jadi selalu lakukan riset Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menanam backlink menggunakan indikator yang disebutkan di atas. Dengan begitu backlink Anda akan berdampak positif pada situs web atau blog Anda.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »