Kupas Tuntas The Onion Router

August 12, 2018

Apa itu The Onion Router (TOR)? Untuk memahami seluk-beluk DarkWeb dan banyak kegunaan dan masalah, pertama-tama perlu untuk memahami The Onion Router (TOR). Kali ini saya akan sentuh pada topik dan akan menjadi panduan pengantar untuk The Onion Router (TOR).

The Onion Router (TOR)

Dengan kata sederhana, TOR adalah bentuk singkat dari The Onion Router. Ini adalah perangkat lunak bebas biaya yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara anonim. Bisa menyalurkan lalu lintas Internet melalui jaringan di seluruh dunia dengan tujuh ribu plus relai gratis, yang dapat menjaga lokasi, serta penggunaan pengguna, anonim. Ini dapat membuat Anda tetap aman dan dapat mempersulit penelusuran Anda atau aktivitas Internet Anda.

The Onion Router (TOR)
TOR Browser


Jadi, The Onion Router (TOR) adalah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk menjelajah Internet, mengirim IM, mengobrol dan bersosialisasi tetapi secara anonim. Apa yang membuatnya berbeda dari yang lain bentuk-bentuk Internet adalah bahwa ia memberikan apa yang dijanjikannya.

Tujuan utama The Onion Router (TOR) adalah untuk menjaga privasi pribadi para pengguna tetap aman dan memungkinkan mereka ruang bebas untuk melakukan urusan mereka tanpa bentuk pemantauan atau pengawasan. Dengan demikian, ini adalah cara komunikasi rahasia.

Anda harus memperhatikan ikon logo The Onion Router (TOR) - itu adalah bawang. Ini bukan kebetulan. Bawang menggambarkan sistem dengan benar; sebagai bentuk routing yang dilakukan oleh The Onion Router (TOR) disebut routing onion. Ini adalah enkripsi tumpukan protokol komunikasi di lapisan aplikasi, satu di bawah yang lain, dengan demikian, membentuk struktur seperti bawang. The Onion Router (TOR) dapat mengenkripsi hampir semua jenis data utama seperti alamat IP, dan meneruskannya melalui rangkaian berbagai relay yang dipilih secara acak di mana setiap relay mendekripsi hanya satu lapisan dan meneruskan sisanya ke depan. Lapisan terakhir didekodekan di tempat tujuan, dan dengan demikian informasi yang diterima disembunyikan dan begitu juga alamat IP pengirim.

Secara umum, The Onion Router (TOR) juga disebut browser yang digunakan untuk menjelajah Dark Web. Di pembahasan selanjutnya mari kita bahas apa itu Dark Web atau Dark Net dan bagaimana itu berbeda dari Surface Web dan Deep Web.

Apa itu Dark Web?

Sebagaimana dijelaskan di bagian terakhir artikel ini, The Onion Router (TOR) digunakan untuk mengakses lokasi di Dark Web. Namun, untuk memahami sifat si Dark Web, perlu untuk mencari tahu apa itu Surface Web dan apa itu Deep Web. Jadi, mari kita lihat kedua istilah ini terlebih dahulu.


Surface Web

Surface Web pada dasarnya adalah apa pun pengertian Anda tentang Web. Ini termasuk situs jejaring sosial, situs belanja, mesin pencari, media berita, dll.

Hampir setiap situs yang dapat Anda akses tanpa pengaturan tambahan kecuali browser web biasa dan koneksi Internet aktif ada di Surface Web.

Definisi dasar Surface Web adalah sebagai berikut - Ini adalah web yang terbuat dari berbagai halaman tetap dan statis. Halaman-halaman ini tidak tergantung pada database untuk konten. Namun, beberapa situs seperti amazon.com memang memiliki koneksi dengan web mendalam dalam bentuk basis data. Halaman-halaman di web statis tetap ada di server menunggu pengguna untuk mengambilnya. Jadi, halaman-halaman ini tidak lain adalah file HTML yang statis dan yang kontennya tidak pernah berubah. Untuk memperbarui halaman, Anda perlu mengganti file HTML halaman.

Semua situs web dengan domain seperti. .com, .in, .uk, .org, co.in, .net, dll adalah situs Surface Website.

surfaceweb deepweb darkweb darknet


Anda pasti telah melihat berbagai gambar di Internet yang mewakili surface web dan Deep web. Salah satu foto yang paling sering digunakan untuk mewakili persamaan di atas adalah gambaran gunung es - di mana gunung es di atas permukaan air mewakili permukaan web sementara gunung es di bawah permukaan mewakili web yang dalam / gelap. Mari sekarang kita lihat apa Deep Web.

The Deep Web

Definisi sederhana dari Deep Web adalah semua halaman yang tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari. misalnya halaman ini tidak diindeks oleh database Search Engine. Ada berbagai alasan mengapa mesin pencari tidak dapat mengakses halaman web mendalam. Tapi sebelum kita pergi ke sana, mari kita pertama-tama lihat lebih dekat Deep Web.

Deep Web adalah basis data online dan halaman web dinamis yang mesin pencari standar seperti Google atau Yahoo tidak dapat akses. Ini adalah konten dan data di balik formulir HTML. Seperti Surface web, Deep Web juga memiliki banyak aplikasi seperti email, perbankan online, ruang obrolan, dll. Ada juga layanan seperti ruang obrolan video, berbagai layanan berbayar, video sesuai permintaan, dll.

Diperkirakan Deep Web hampir 400 hingga 500 kali lebih besar daripada Surface Web. Ini berarti memiliki lebih dari delapan petabyte. Membandingkan ini dengan sembilan belas terabyte data hadir di Permukaan Web, dan Anda akan menyadari betapa besar Deep Web.

Mesin pencari tertentu dapat mengakses Deep Webs. Beberapa di antaranya termasuk Intent, DeepPeep, Deep Web Technologies, Ahmia.fi, dan Scirus, dll.

Web Tak Terlihat atau Web Mendalam sering bingung dengan Dark Web; Namun, kedua istilah ini berbeda dan merujuk pada hal yang berbeda. Sementara itu legal

untuk mengakses informasi dari Deep Web hampir setiap saat, tidak demikian halnya dengan Dark Web. Di bagian selanjutnya mari kita lihat di Dark Web.

The Dark Web 

Seperti dikatakan sebelumnya, Dark Web sering bingung dengan Deep Web berkat sifat tersembunyi dari kedua Webs. Namun, Deep Web dan Dark Web adalah dua hal yang berbeda.

Mungkin untuk mengatakan bahwa Dark Web adalah bagian dari Deep Web, karena mesin pencari standar tidak dapat mengaksesnya juga. Namun, itu berbeda dari Deep Web sebagai konten di Dark Web sering disembunyikan dengan sengaja. Ini adalah jaringan situs yang dapat diakses tetapi di-host secara anonim.

Situs-situs ini tidak dapat diakses oleh browser standar dan teknik browser dan seringkali memerlukan perangkat lunak khusus.

The Dark Web adalah jaringan dunia yang hampir tidak dapat dilacak yang memiliki banyak kegunaan, yang mungkin legal atau mungkin tidak legal. Situs-situs di Dark Web adalah hanya dapat diakses oleh mereka yang tahu apa yang mereka cari f0r.

Motif utama dari Dark Web adalah anonimitas dan privasi. Anonimitas ini adalah anugerah Dark Web dan juga kutukan. Tabir anonim dari Dark Web sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas terlarang dan ilegal, itulah sebabnya mengapa Dark Web begitu terkenal. Ketenaran ini sering dilakukan maju ke Deep Web, menjadikannya konsep yang stigmatisasi juga. Namun, sebagaimana dijelaskan di atas, kedua Web adalah dua entitas yang berbeda. The Deep Web adalah kumpulan basis data sederhana yang tidak diindeks oleh mesin telusur standar, sedangkan Dark Web adalah jaringan terenkripsi di antara TOR server dan pengguna. Ini hanya bagian kecil, sangat terkenal dari Deep Web. Dalam satu baris- semua Dark Web adalah Deep Web, namun tidak semua Deep Web adalah Dark Web.

The Dark Web adalah bagian sangat kecil dari Deep Web; diperkirakan bahwa itu bahkan tidak membentuk 0,5% dari Deep Web. Namun, ini sangat popular berkat berbagai anonim dan pasar pribadi yang sering berdagang produk ilegal.

Sekarang Anda tahu apa Deep Web dan Dark Web, Anda pasti bertanya-tanya mengapa mereka ada dan apakah mereka dibutuhkan. Mari kita lihat pada pertanyaan ini.

Mengapa Deep Web ada?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan di atas adalah karena kita perlu menyembunyikan hal-hal tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki akun Internet Banking, Anda rincian akun ada di Internet. Namun, mereka tidak dapat diakses oleh pencarian Google yang sederhana. Dengan demikian, halaman akun Anda aman dan aman Deep Web. Tanpa Deep Web, adalah aman untuk mengasumsikan bahwa internet akan jauh kurang bermanfaat. Kami tidak akan bisa bersosialisasi jaringan, Internet Banking, E-shopping, dll. karena situs-situs ini menyimpan data sensitif Anda di dalam Web untuk membuatnya aman.

Ini juga ada untuk menyimpan sejumlah besar data dunia usaha. Misalnya, banyak perusahaan besar menyimpan data terkait bisnis mereka Deep Web. Ini memberi mereka keamanan dan keselamatan.
Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Anda mengakses Deep Web hampir setiap hari. Ya, seperti dikatakan sebelumnya, akun jejaring sosial Anda, email Anda, dll.

menyimpan data pribadi Anda di dalam Web, maka setiap kali Anda mengakses email Anda, pernyataan bank Anda, DM Twitter, intranet kantor Anda, dll. Semuanya bagian dari Deep Web. Namun, semua hal di atas tidak selalu aman, dan Anda tidak anonim di Permukaan Web, bahkan jika itu terhubung ke Deep Web. Kebutuhan konstan akan anonimitas dan privasi ini dari pengawasan pemerintah mengarah pada pembentukan Web Gelap.

Sejarah TOR Dan Mengapa Dibuat

TOR adalah salah satu perangkat lunak yang paling sering digunakan untuk mengakses Dark Web. Cara ini hampir gagal - bukti menjadi anonim. Sejarah Tor adalah cukup menarik, dan itu dapat membantu orang untuk memahami mengapa kebutuhan Tor muncul dan mengapa itu masih relevan.

tor browser
TOR Browser


Ini akan mengejutkan bahwa akar dari Tor dapat ditelusuri kembali ke Lab Riset Angkatan Laut Amerika Serikat. Karyawan organisasi di atas yaitu Syverson, Reed dan Goldschlag meneliti cara-cara untuk melindungi komunikasi intelijen di pertengahan tahun 90-an. Ini adalah awal dari Rute Bawang. Onion routing kemudian pindah ke DARPA, dan itu ditingkatkan di sana di akhir 90-an.
Syverson bersama dengan Mathewson dan Dingledine meluncurkan versi alpha Tor pada 20 September 2002. Saat itu dikenal sebagai The Onion Proyek routing. Versi publik dirilis tahun depan.

Titik balik dalam sejarah Tor adalah ketika Mathewson, Dingledine, dan lainnya menciptakan Tor Project pada tahun 2006. Organisasi nirlaba berjalan dan memelihara Tor. Ini adalah fakta mengejutkan bahwa beberapa pemodal awal proyek adalah Internews, Google, dan University of Cambridge, AS.

International Broadcasting Bureau dll. Ini juga mendapat dukungan moneter dari Human Rights Watch. Saat ini, pemerintah AS mendukung Proyek Tor secara finansial.

Jadi, Angkatan Laut menciptakan Tor, untuk menyembunyikan / melindungi komunikasi pemerintah. Tujuannya tidak banyak berubah sejak saat itu, bagaimanapun, lingkaran pengguna telah berkembang dan sekarang orang-orang biasa seperti kita dapat menggunakannya untuk menjaga privasi kita juga.


Legalitas Dark Web

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai Dark Web adalah legalitasnya, dan sejujurnya, masalahnya agak kacau. Di bagian ini, saya telah mencoba memberi banyak cahaya pada topik ini untuk menghapus kebingungan yang terkait dengannya.

Sebelum beralih ke topik, harap diingat bahwa Deep web tidak sama dengan Dark web . Deep Web adalah segala sesuatu yang tidak diindeks oleh mesin pencari populer dan dengan demikian tersembunyi. Namun, itu dapat diakses dengan browser biasa, tidak seperti Dark Web yang membutuhkan browser khusus atau perangkat lunak. Situs-situs di web Dark dibangun di Internet publik juga; Namun, mereka tidak dapat diakses dengan mudah.

Menjelajahi Deep Web dan Dark Web tidak ilegal, secara teknis. Kecuali Anda mencoba menemukan konten yang secara inheren ilegal seperti pornografi anak, Anda tidak melakukan sesuatu yang ilegal.
Misalnya, ada banyak situs web di web Dark yang menyatakan menjual narkoba, ID palsu, dan senjata. Beberapa juga menjual barang curian dll.

Browsing situs-situs tersebut tidak ilegal, Anda dapat menelusuri semua yang Anda inginkan, namun, jika Anda membeli sesuatu dari situs-situs tersebut maka itu ilegal. Seperti produknya tersedia di situs-situs ini dicuri, Anda praktis melakukan pencurian dengan membeli barang-barang ini.

Beberapa barang curian yang paling populer tersedia di Dark Web adalah senjata, obat-obatan, sabu-sabu, Kartu PayPal yang diretas, ID palsu, iPhone yang dicuri, granat, dll.

Dark Web tidak secara inheren ilegal. Misalnya, ada banyak situs yang tidak berbahaya yang tersedia di Dark Web seperti situs jejaring sosial, email layanan, papan pesan, dll. Situs-situs ini tidak ilegal, namun, jika Anda mendiskusikan konten terlarang atas mereka maka kegiatan Anda dapat dihitung sebagai ilegal atau bermasalah.

Legalitas Dark Web juga tergantung pada wilayah dan bangsa Anda. Misalnya, Dark Web diizinkan di AS, namun, mengaksesnya di Korea Utara adalah ilegal. Jika negara Anda memiliki pemerintahan yang mengganggu dan regresif, maka Dark Web dapat menjadi ilegal di negara Anda.

Baru-baru ini FBI dan organisasi lain semacam itu telah memblokir banyak situs web di Dark Web. 

Sebagian besar situs-situs ini berhubungan dengan ilegal dan terlarang kegiatan seperti senjata ilegal, senjata, obat-obatan, perdagangan manusia, dll. Tidak jelas apakah hanya mengunjungi situs-situs ini adalah ilegal atau tidak; Namun, itu aman untuk berasumsi jika Anda tidak memiliki salah satu dari situs tersebut atau tidak membeli barang dari mereka secara teratur, Anda tidak akan dituntut.

Jadi, saya harap saya telah menjawab pertanyaan Anda tentang legalitas Dark Web. Ya, itu tidak ilegal untuk mengakses Dark Web, bagaimanapun, itu perlu memahami bahwa sifat dan isi situs yang Anda kunjungi dapat membahayakan anonimitas dan keamanan Anda. Saya tidak menyarankan pembelian / penjualan apa pun di Dark Web; saya juga tidak menyarankan untuk mengunduh apa pun dari jaringannya.

Sebagai tindakan keamanan, Anda disarankan menghindari semua tautan yang tidak diberi label. 

Tautan yang tidak berlabel ini sering tanpa deskripsi dan dapat mengarahkan Anda ke beberapa konten yang benar-benar mengerikan dan mengganggu.

Di artikel yang akan datang kita akan lihat berbagai penggunaan The Onion Router (TOR) dan bagaimana itu dapat bermanfaat bagi Anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »