Men-scan Infrastruktur Network

January 01, 2018
Pada sistem jaringan yang menggunakan kabel, komputer klien hanya bisa rnendeteksi dan bergabung ke dalam satu sistem jaringan (workgroup) saja. Komputer klien yang memiliki perangkat WiFi mampu mendeteksi gelombang sinyal yang dipancarkan oleh beberapa workgroup sekaligus, selama komputer tersebut berada pada area hotspot.

Bagi pengguna yang menggunakan komputer atau laptop yang memiliki perangkat WiFi, trik berikut dapat Anda gunakan untuk men-scan atau mendeteksi keberadaan sistem jaringan wireless Yang berada di sekitar Anda. Berikut ini caranya:

  1. Akses terlebih dahulu alamat IP router di mana Anda berada.
  2. Pada halaman Basic, pilih opsi Diagnostics pada sidebar.
  3. Mulailah proses scan dengan mengklik tombol Test.
Pastikan seluruh infrastruktur jaringan bekerja dengan baik yang ditandai dengan kata "PASS" pada setiap opsi yang diperiksa. Selain trik di atas, cara lain yang dapat Anda terapkan seperti berikut:

  1. Arahkan kursor ke system tray, lalu klik kanan ikon Wireless Network Connection
  2. Pilih View Available Wireless Networks pada menu konteks.
    Opsi Vew Available Network
    Opsi Vew Available Network
  3. Pada kotak dialog Wireless Network Connection, klik link Refresh network list yang terdapat di sidebar Network Tasks.
    Klik Refresh Network List
    Klik Refresh Network List
  4. Beberapa saat kemudian, semua sistem jaringan wireless yang terdapat di sekitar Anda akan ditampilkan dalam kotak dialog tersebut.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »