Memblokir Program atau Layanan yang Tidak Diinginkan

January 01, 2018
Penerapan teknik-teknik proteksi tidak hanya beriaku dalam pengaturan lalu lintas data dalam suatu sistem jaringan. Seringkali, software atau program yang digunakan dapat juga menjadi sumber masalah terhadap proteksi dan keamanan jaringan. Sebagai contoh, beberapa produsen software menyertakan aplikasi update online yang akan berjalan secara otomatis bilamana komputer Anda terkoneksi dengan Internet. Mungkin jika software yang Anda gunakan legal dan dikem-bangkan oleh produsen yang terpercaya hal tersebut bukan masalah. Namun, bagaimana jika software tersebut tidak memiliki asal usul yang jelas? Selain dapat berakibat fatal bagi komputer Anda, pastinya akan berpengaruh juga pada semua komputer yang terhubung ke jaringan.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menonaktifkan software, aplikasi, atau layanan yang tidak dibutuhkan. Lebih jelasnya, ikuti trik berikut ini:


  1. Luncurkan jendela Control Panel dan klik tanda ikon Windows Firewall.
    Mengklik-ganda Ikon Windows Firewall dari Jendela Control Panel
    Mengklik-ganda Ikon Windows Firewall dari Jendela Control Panel
  2. Aktifkan Tab Exceptions setelah kotak dialog Windows Firewall ditampilkan.
  3. Sekarang, hilangkan semua tanda centang pada aplikasi atau layanan yang tidak Anda inginkan melalui kotak Programs and Service seperti pada gambar berikut.
     Mengaktifkan dan Menonaktifkan Program Atau Layanan Yang Diinginkan
    Mengaktifkan dan Menonaktifkan Program Atau Layanan Yang Diinginkan
  4. Jika sudah, tekan tombol OK.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »