Mengenal Artikel dan Karya Tulis Ilmiah

November 23, 2019
Mengenal Karya Tulis Ilmiah, 
Jenis dan Tujuan Penulisannya




A.           Pengertian Artikel Ilmiah
Artikel ilmiah adalah suatu tulisan yang berisi kumpulan ide, gagasan, dan  hasil pemikiran  dari seseorang atau sekelompok orang setelah melalui proses penelitian, pengamatan, kajian, dan  evaluasi ke dalam suatu bentuk laporan tertulis  sesuai  dengan sistematika, metode, dan kaidah  tertentu yang telah disepakati, sehingga isinya  dapat dipertanggungjawabkan  secara  ilmiah  dan  dapat diuji  kebenarannya  untuk  selanjutnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional maupun internasional.
Selain untuk publikasi pada jurnal, artikel ilmiah juga dapat disusun untuk  dipresentasikan pada forum  atau  konferensi nasional  maupun internasional  yang  dihadiri  para  ilmuwan  yang  kompeten di bidangnya masing-masing. Artikel ilmiah biasanya akan dijadikan pijakan atau referensi sebagai dasar ilmiah untuk melaksanakan penelitian-penelitian selanjutnya. Dengan bertambahnya penelitian atau kajian yang dilakukan, maka semakin banyak pula artikel ilmiah yang dihasilkan. Sehingga, hal ini akan menyebabkan meningkatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia.

B.            Definisi, Jenis & Tujuan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Definisi Karya Tulis Ilmiah (KTI) merupakan “karangan yang disusun berdasarkan gagasan penulisnya yang diperkuat dengan data serta pernyataan dan gagasan orang lain yang disebutkan sumbernya”. Karya ilmiah bukan tulisan yang dikarang tetapi tulisan yang disusun berdasarkan sumber pustaka terkait yang telah dibuat orang (penulis) sebelumnya. KTI adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mandiri yang dilakukan secara sistematis dan metodologis sesuai standar ilmiah yang menjadi dasar kajian keilmuan di perguruan tinggi.
Kedudukan Karya Tulis Ilmiah di perguruan tinggi sangat penting dan merupakan bagian dari tuntutan formal akademik. Karya tulis ilmiah menjadi suatu ciri penting dari suasana ilmiah akademisi. Dilihat dari jenisnya,Karya Tulis Ilmiah (KTI) terdiri atas makalah, laporan buku/bab, skripsi, tesis dan disertasi. Dilihat dari tujuan penulisannya, Karya Tulis Ilmiah (KTI) dibedakan ke dalam dua jenis; 1) Pertama untuk memenuhi tugas-tugas perkuliahan yaitu makalah dan laporan buku/bab. 2) Kedua, karya tulis ilmiah yang merupakan syarat dituntut dari mahasiswa ketika menyelesaikan program studi, yaitu skripsi (untuk S1), tesis (untuk S2) dan disertasi (untuk S3). Dengan sifat dan kedudukan ini, maka karya tulis ilmiah dalam lingkungan masyarakat akademik bisa ikut memperkaya khasanah keilmuan dan memperkokoh paradigma keilmuan pada bidang keilmuan atau disiplin yang relevan.
Dari uraian di atas dapatlah disimpulkan, bahwa karya tulis ilmiah di lingkungan perguruan tinggi mengemban dua misi, yaitu :
1.      Wahana untuk melatih para mahasiswa mengungkapkan pikiran pikirannya secara sistematis, tertib dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
2.      Memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu pengetahuan.
Jika yang  pertama menunjuk pada sasaran prosesnya, maka yang kedua lebih mengacu pada produknya. Dua misi ini seyogyanya disadari baik oleh dosen yang memberi bimbingan maupun oleh mahasiswa yang di bimbing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »