Definisi Makalah serta Karakteristik dan Jenis-Jenisnya

November 26, 2019

DEFINISI, KARAKTERISTIK, 
JENIS-JENIS MAKALAH

  
A.    Pengertian Makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang mencakup dalam lingkup suatu perkuliahan. Atau dengan kata lain makalah merupakan jenis karya tulis ilmiah yang menjadi bagian dari komponen kegiatan pembelajaran dan disusun untuk memenuhi tugas akademik pada suatu mata kuliah.  Ada dua jenis makalah yang berlaku di perguruan tinggi yaitu makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper).
 Makalah biasa dibuat oleh mahasiswa untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini secara deskriptif, mahasiswa mengemukakan berbagai pandangan tentang masalah yang dikaji, ia juga memberikan pendapat baik berupa kritik maupun saran mengenai pendapat yang dikemukakan. Tetapi dia tidak perlu memihak salah satu pendapat tersebut. Dengan demikian ia tidak perlu berargumentasi mempertahankan pendapat tersebut.
Sedangkan makalah posisi, lebih fokus menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian, yang mana mahasiswa diminta untuk menunjukkan penguasaan pengetahuan dan berdiri di pihak tertentu dengan atasannya, didukung oleh teori-teori atau data yang relevan. Dalam makalah posisi, mungkin saja mahasiswa memihak salah satu pandangan, tetapi mungkin pula ia membuat suatu sintesis dari berbagai pendapat yang ada. Jadi, kemampuan analisis, sintesis dan evaluasi sangat diperlukan untuk membuat makalah posisi.
   

A.    Karakteristik Makalah
Suatu makalah memiliki karakteristik sebagai berikut :
1.      Merupakan hasil kajian literatur dan atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan.
2.      Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip atau teori yang berhubungan dengan perkuliahan.
3.      Menunjukkan kemampuan terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.
4.      Mendemonstrasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam satu kesatuan sintetis yang utuh.

B.     Jenis Makalah
Dilihat dari tujuan dan penulisannya makalah terbagi menjadi dua jenis yakni: 
1.      Makalah Mata Kuliah
Makalah mata kuliah merupakan karya tulis yang dibuat untuk memenuhi tugas dalam menyelesaikan mata kuliah yang di ikuti oleh mahasiswa. Pada umumnya makalah ini digunakan sebagai bahan seminar atau diskusi di kelas dan sekaligus sebagai bahan evaluasi yang digunakan oleh dosen untuk menentukan kelulusan dan tingkat pencapaian hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah tersebut.
Tujuan penugasan menulis makalah mata kuliah adalah supaya mahasiswa mengeksploarasi penguasaan materi perkuliahan yang sedang berjalan. Makalah dapat berfungsi sebagai bagian dari proses pembelajaran maupun sebagai alat untuk mengevaluasi hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Makalah mata kuliah dapat dibuat dalam berbagai bentuk atau format, seperti makalah seminar, resume buku atau artikrl, laporan tugas khusus, dan sebagainya. Bentuk atau format yang digunakan untuk mata kuliah tertentu tergantung kebijakan yang ditetapkan oleh dosen pengampu, sesuai dengan yang direncanakan dalam silabus.
Karena beragamnya materi yang dipelajari dalam berbagai mata kuliah, format atau struktur makalah mata kuliah tidak diatur secara khusus. Pengaturan tentang format ataupun struktur penulisan makalah sepenuhnya diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan. Demikian juga panduan penulisan struktur isi makalah komprehensif tidak dibuat secara detail, karena adanya keragaman subtansi yang ditentukan oleh masing-masing mahasiswa. Mahasiswa diberi kebebasan melakukan eksplorasi sendiri menunjukkan kemandiriannya.

2.      Makalah Komprehensif
Makalah komprehensif merupakan karya tulis ilmiah berstandar sehingga layak dimuat di jurnal ilmiah. Makalah ini ditulis oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen pembimbing tesis / promotor penulisan disertasi. Tema makalah harus sesuai konsentrasi / program studi yang menunjukkan penguasaaan secara menyeluruh dalam bidang keahlian khusus atau spesialisasi keilmuan yang menjadi minat mahasiswa.  Makalah ini ditulis berdasarkan hasil kajian pustaka dalam rangka persiapan penulisan tesis program magister atau disertasi program doktor. Karena itu, karya ilmiah ini dibuat setelah mahasiswa lulus semua mata kuliah yang harus ditempuh melalui proses perkuliahan.  
Makalah ini disajikan oleh mahasiswa untuk menunjukkan keahliannya di hadapan panel penguji. Makalah komprehensif dibuat oleh mahasiswa tanpa bimbingan dari dosen. Tujuan utama pembuatan makalah ini dan ujiannya adalah untuk mengevaluasi keahlian mahasiswa dalam kompetensi bidang spesialisasi keahliannya dan menentukan apakah mahasiswa yang bersangkutan sudah layak sebagai seorang yang berpendidikan magister atau doktor.
Karena keragaman substansi maupun tujuan penulisan, panduan penulisan makalah ini, tidak dibuat secara detail tapi hanya berisi panduan umum. Isi makalah tersebut diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa.
Makalah komprehensif ditulis berdasarkan dari permasalahan yang relevan dengan (salah satu bagian) keilmuan utama program studi, yang sekaligus untuk menunjukkan penguasaan keahlian khusus atau spesialisasi yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa. Karena itu, makalah ini diharapkan dapat menunjukkan orisinalitas penalaran mahasiswa dalam mengemukakan permasalahan akademik dan pemecahannya melalui studi pustaka yang relevan. Orisinalitas tersebut tidak hanya berkaitan dengan tema dan isi makalah, tetapi juga pengorganisasian kerangka berpikirnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »