Perbandingan Tipe Koneksi Internet

September 01, 2017
Memiliki koneksi internet di rumah mungkin menjadi impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya penyedia jasa koneksi Internet (ISP), mungkin Anda malah bingung untuk memilih jasa pelayanan yang cocok dengan budget, lokasi, dan kebutuhan. Nah, untuk itu, berikut ini akan dijelaskan perbandingan berbagai tipe koneksi internet, lengkap dengan perusahaan jasa koneksi internet beserta jangkauan areanya.
Koneksi Internet dengan Dial Up


Untuk bisa melakukan koneksi Internet dengan dial up, setidaknya Anda harus memiliki komputer, modem, dan sambungan telepon biasa (rumah). Prinsip kerjanya, pertama kali komputer yang dihubungkan dengan modem melakukan pemanggilan telepon (dial up) ke' penyelenggara koneksi internet. Setelah terhubung, Anda baru bisa mengakses Internet. Kecepatan akses menggunakan tipe koneksi ini maksimum 56 Kbps (kilobit per detik).

Kelebihan


Berikut ini kelebihan bila Anda menggunakan koneksi dial up.
  • Koneksi paling gampang dilakukan.
  • Modem internal yang digunakan murah.
  • Hampir semua laptop sekarang sudah terpasang modem untuk koneksi internet dial up.
  • Lebih murah untuk koneksi internet yang bersifat hanya sesaat, misalnya hanya untuk mengecek email.

Kekurangan


Meskipun setiap ISP (internet service provider) menawarkan berbagai kelebi-han, tetapi kenyataannya belum tentu sesuai dengan yang ditawarkan. Berikut ini kekurangan secara umum ketika menggunakan koneksi dial up.
  • Kecepatan realnya hanya sekitar 12 sampai 20 Kbps.
  • Karena digunakan bersama dengan telepon rumah, ketika Anda menggunakannya untuk koneksi dial up, telepon rumah dalam status sibuk. Begitupun sebaliknya, ketika telepon rumah di-gunakan untuk menerima telepon, otomatis koneksi internet terputus.

Apa Saja yang Dibutuhkan?


Untuk menggunakan paket dial up, Anda harus mempunyai perangkat seperti berikut.
·       Komputer dengan processor minimal Pentium II, RAM 64 Mbyte.
·       Ruang kosong pada harddisk minimal 1 Gbyte.
·       Sistem operasi Windows atau Linux.
·       Modem (internal atau eksternal).
·       Saluran telepon.

Untuk Siapa?



Bagi Anda yang terbiasa menggunakan internet sewaktu-waktu di ru-mah, koneksi dengan dial up bisa Anda gunakan. Dengan memanfaatkan kabel telepon rumah, Anda dapat menghubungkan komputer ke inter-net dengan menggunakan nomor dial up yang disediakan oleh masing-masing ISP.


Pilihan ISP


Supaya komputer terhubung ke internet, kita membutuhkan ISP (Internet service provider), yaitu perusahaan yang menyediakan jasa sambungan internet dan jasa lain yang berhubungan. Biasanya, kebanyakan perusahaan telepon, mereka juga sebagai perusahaan pe-nyelenggara koneksi internet.
Berikut ini penyedia layanan koneksi internet (ISP) dial up yang bisa Anda pilih.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »