Koneksi Internet dengan Wireless (Hotspot)

September 02, 2017
Hotspot merupakan salah satu pemanfaatan wireless LAN yang biasanya dipasang di lokasi-lokasi publik, seperti: taman, restoran, perpustakaan, kantor, atau bandara.



Selain memanfaatkan hotspot di lokasi umum, Anda juga bisa me-masang sendiri di rumah. Tentu saja, Anda harus berlangganan salah satu ISP yang koneksi internetnya bisa disharing. Biasanya, koneksi internet yang bisa disharing menggunakan koneksi ADSL atau TV kabel. Setelah koneksi internet tersedia, Anda bisa menggunakan hub wireless untuk disharing ke komputer/laptop lain tanpa menggunakan kabel.

Hub wireless ini harus Anda beli sendiri di toko komputer, karena pro­vider ISP tidak menyediakannya.

Secara teoritis, kecepatan aksesnya bisa mencapai 54 Mbps, tetapi kece-patan aslinya tergantung pada penyedia layanan ini.


Kelebihan

Berikut ini kelebihan bila menggunakan koneksi wireless.
·         Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga Anda tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet.
·         Anda bisa berinternetan tidak hanya terpaku pada tempat yang dalam jangkauan kabel, tetapi Anda bisaberinternetan sambil memilih tempat yang enak buat Anda.
·         Karena kecepatan aksesnya cukup tinggi, Anda bisa memanfaat-kannya untuk mendownload sesuai dengan keinginan Anda.
Gratis, bila penyedia layanan tidak memungut biaya terhadap ' koneksi ini.

 

Kekurangan

Berikut ini kekurangan bila menggunakan koneksi wireless.
  •  Jika Anda ingin memasang koneksi internet ini di rumah, Anda harus membeli hub wireless dulu yang masih terbilang mahal. Pada saat buku ini ditulis, harga hub wireless sekitar 500 ribu rupiah.
  • Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya lancar.

Namun, jika hujan dan ada petir, biasanya menjadi lambat bahkan kadang putus.
  • Kurang stabil jika digunakan dalam ruang yang tertutup, misal-nya di dalam kamar.


Apa Saja yang Dibutuhkan?


Jika Anda hanya ingin memanfaatkan hotspot gratis, yang dibutuhkan hanya laptop atau handphone yang memiliki fasilitas Wi Fi. Namun, bila Anda sendiri ingin memasang dan membagikan koneksi, Anda harus membeli modem wireless.

Untuk Siapa?


Jenis koneksi ini, sangat banyak berada di mall atau cafe. Jika Anda se-ring bepergian ke tempat-tempat seperti itu dan ingin berinternetan, sebaiknya Anda membawa laptop. Di sana, Anda bisa langsung mencari jaringan hotspot. Namun, biasanya tidak semua hotspot bisa diakses secara gratis. Beberapa di antaranya ada yang mengharuskan Anda membeli voucher atau register dulu kepada penyedia layanan hotspot.

 Pilihan ISP



Untuk koneksi ke hotspot, kita tidak perlu mencari ISP karena kita hanya memanfaatkan yang sudah ada. Namun, jika kita sendiri yang ingin me-nyediakan layanan ini, bisa mengunakan koneksi ADSL.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »