Koneksi Internet dengan ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

September 02, 2017
Koneksi Internet dengan ADSL adalah koneksi Internet yang meng-hubungkan komputer menggunakan modem khusus dengan saluran telepon biasa (rumah), seperti pada koneksi dial up tapi pada frekuensi yang berbeda, sehingga keuntungannya, line telepon rumah tidak terganggu. 



Untuk mendapatkan koneksi Internet dengan ADSL, kita harus menghubungi customer service masing-masing ISP untuk pemesanan pemasangan/instalasinya. Biasanya, setelah proses pemesanan, pihak ISP akan mengirim petugas ke lokasi kita untuk melakukan instalasi. Sama dengan TV kabel, untuk modem sebaiknya dibeli dari ISP yang kita pilih.

Jika kita menggunakan koneksi jenis ini, kecepatan aksesnya berkisar 350-600 Kbps.

Kelebihan

Berikut ini kelebihan bila menggunakan koneksi ADSL.
  • Tidak perlu dial up.
  • Walaupun masih menggunakan line telepon dan terhubung ke Internet selama 24 jam, Anda masih tetap bisa menerima dan melakukan panggilan telepon dengan menggunakan Splitter yang disediakan oleh ISP yang Anda pilih.
  • Sistem pembayarannya bulanan, dan beberapa ISP sudah me-nyediakan layanan pembayaran melalui ATM', sehingga Anda tidak perlu antri di bank.

Kekurangan

Berikut ini kekurangan bila menggunakan koneksi ADSL.
Pada jam sibuk, koneksinya sering lambat dan kadang sampai terputus. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk mendownload menggunakan jenis koneksi ini, sebaiknya Anda menggunakan Download Accelerator (software yang bisa Anda gunakan untukmelanjutkan download ketika koneksi intenet Anda terputus di tengah jalan).
  • Harga modem masih tergolong mahal.
  • Respon dari customer service dari jenis koneksi ini pada umumnya lambat, sehingga Anda harus menelpon berkali-kali untuk menangani masalah Anda.

Apa Saja yang Dibutuhkan?


Seperti halnya menggunakan TV kabel, Anda harus menyediakan kom-puter dengan spesifikasi sebagai berikut.
  • Processor minimal Pentium II, RAM 64 Mbyte.
  • Ruang kosong pada harddisk minimal 1 Gbyte.
  • Sistem operasi Windows atau Linux.
  • Modem. Biasanya modem sudah disediakan oleh ISP yang kita pilih. Sama dengan TV kabel, proses instalasinya dilakukan oleh provider yang bersangkutan.

Untuk Siapa?


Jangkauan area jenis koneksi ini lebih luas dibandingkan menggunakan TV kabel. Paket yang disediakan sangat cocok digunakan di perkantoran, karena bisa disharing ke semua karyawan. Sebaiknya jumlah pengguna tidak lebih dari 20 orang, karena semakin banyak pengguna, kecepatan akses internet akan semakin lambat.

Pilihan ISP

Berikut ini daftar ISP yang menyediakan koneksi menggunakan ADSL.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »