KEAMANAN INTERNET DUNIA DIJAGA 14 ORANG

October 24, 2016

Seluruh internet dilindungi oleh 7 kunci yang ada di tangan 14 orang. Dalam beberapa hari, keempat belas orang tersebut akan mengadakan ritual yang dikenal dengan nama Root Key Signing Ceremony.



Pada hari Jumat lalu, dunia kembali diingatkan betapa pentingnya organisasi pemegang kunci ini. Minggu lalu, sebagian internet lumpuh karena hacker berhasil menyerang server perusahaan bernama Dyn.

Business Insider menjelaskan, Dyn adalah penyedia Domain Name System (DNS), sebuah sistem yang akan menerjemahkan alamat situs yang mudah diingat oleh manusia menjadi alamat IP yang bisa komputer pahami untuk mengenali halaman situs.

Dyn adalah salah satu penyedia DNS. Meskipun hacker tidak pernah berhasil menguasai jaringan Dyn, kesuksesan mereka adalah karena mereka dapat membuat server Dyn offline selama beberapa jam dengan serangan DDoS, yang membuat sebagian internet, seperti Amazon, Twitter, Spotify, tidak dapat diakses. Serangan ini menunjukkan bagaimana internet sangat tergantung pada DNS.

Jika seseorang berhasil mendapatkan akses ke database ICANN, maka sama saja dia telah mendapatkan kendali atas internet. Dengan mengendalikan internet, seseorang dapat membuat orang yang hendak mengakses situs bank mengakses situs plasu.

Level keamanan tertinggi DNS diamankan oleh beberapa orang yang disebut Crypto Officers. Sejak tahun 2010, setiap 3 bulan, sebagian, tapi biasanya tidak semua, dari Crypto Officer ini akan berkumpul untuk melakukan ritual yang disebut upacara kunci. Dalam acara tersebut, "kunci utama" dari internet akan diverifikasi dan di-update.

Orang-orang yang melakukan upacara ini merupakan bagian dari organisasi yang disebut ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). ICANN bertanggung jawab untuk memberikan alamat internet berupa angka ke komputer dan situs.

Untuk melindungi DNS, ICANN berusaha menggunakan cara yang tidak terlalu fokus pada satu orang. Mereka memilih 7 orang sebagai pemegang kunci dan memberikan setiap orang kunci ke internet. Mereka lalu memilih 7 orang lagi sebagai pemegang kunci cadangan.

Upacara ini memerlukan setidaknya 3 orang dan 3 kunci untuk datang. Karena 3 kunci diperlukan untuk membuka perangkat yang melindungi DNS.

Kunci fisik akan membuka kotak deposit, yang di dalamnya terdapat smart key card. Diperlukan lebih dari satu kunci untuk dapat mengakses perangkat yang membuat master key internet. Master key itu sebenarnya adalah kode yang dikenal sebagai root key-signing key.

Ia adalah sebuah password yang dapat digunakan untuk mengakses database utama ICANN. Kunci ini akan membuat lebih banyak kunci lagi yang akan melindungi sebagian dari internet di bebagai kawasan dan digunakan oleh berbagai organisasi keamanan internet.

Keamanan sebelum dan sesudah upacara ini sangat ketat. Dalam upacara ini, para peserta harus membuka sekumpulan pintu terkunci menggunakan berbagai kode dan scannertangan sampai mereka tiba di sebuah ruangan yang begitu aman sehingga tidak ada alat komunikasi elektronik yang dapat selamat. Di dalam ruangan itu, para Crypto Officers akan berkumpul dengan anggota ICANN dan juga beberapa tamu dan pengamat.

Keseluruhan upacara ini telah direncanakan, direkam kemudian diaudit. Setiap langkah dalam ritual ini telah direncanakan sebelumnya dan diberitahukan ke semua partisipan, sehingga jika ada keanehan yang terjadi, semua orang di dalam ruangan akan tahu.

Setelah menyelesaikan upacara ini, satu per satu peserta akan keluar dari ruangan. Setelah itu, mereka biasanya pergi ke restoran dan mengadakan perayaan di sana.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »