Microsoft Gratiskan Lisensi Windows 10 Cloud, Bisa Upgrade ke Versi Penuh Windows 10

February 08, 2017

 
Micrcosoft saat ini sedang mengembangkan sistem operasi baru Windows 10 Cloud. Ini bukan iterasi baru sistem operasi Windows 10, melainkan hanya versi yang lebih ringan dari Windows 10. Pengembangan sistem operasi ini dilakukan untuk bersaing dengan Chrome OS milik Google.
Chrome OS adalah sistem operasi yang digunakan di banyak perangkat laptop murah. Windows 10 Cloud pun memiliki tujuan pasar yang sama, yaitu digunakan untuk perangkat laptop yang lebih murah. Karena lebih ringan, kebutuhan spesifikasi untuk menjalankan Windows 10 Cloud pun jadi lebih rendah sehingga perangkatnya jadi lebih terjangkau.
Tapi bukan itu saja, Microsoft juga akan menggratiskan lisensi Windows 10 Cloud. Sehingga vendor laptop bisa menginstal sistem operasi ini tanpa perlu membayar sepeserpun lisensinya. Dengan begini, harga perangkat Windows 10 Cloud bisa lebih ditekan.
Pengguna juga bisa upgrade dari Windows 10 Cloud ke versi penuh Windows 10 (versi Windows 10 yang ada saat ini) untuk mendapatkan fitur yang lebih komplit. Hanya saja, untuk melakukannya anda harus membayar.
Windows 10 Cloud antarmukanya bakal sama seperti Windows 10 yang ada saat ini. Hanya saja, untuk membuka atau menjalankan aplikasi harus dilakukan dari Store. Ini adalah konsep yang sama seperti yang ada di Windows RT, versi ringan dari sistem operasi Windows 8 yang dirancang untuk bekerja dengan prosesor ARM.
Perbedaan antara Windows 10 Cloud dengan Windows RT adalah, anda bisa upgrade dari Windows 10 Cloud ke Windows 10 penuh. Hal yang sama tidak bisa dilakukan di Windows RT.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »