Fungsi Windows Defender Di OS Windows Dari Era Windows XP Sampai Windows 10

February 03, 2017
Windows Defender, kamu yang menggunakan sistem operasi Windows 10 tentu tidak asing dengan program perangkat lunak (software) ini, karena Defender adalah sistem operasi bawaan Windows 10. Selain itu, antivirus ini juga tersedia di Windows 8 dan bisa di unduh oleh Windows 7. Tapi, apa sebenarnya fungsi Windows Defender pada Windows 10?

Windows Defender di Era Windows XP, Vista dan 7

Windows Defender adalah komponen anti-malware yang dibuat oleh Microsoft untuk melindungi komputer pengguna dari serangan malware. Pertama kali tersedia di Windows XP sebagai anti-spyware bernama Microsoft SpyWare untuk melindungi perangkat PC Windows dari perangkat pengintai. Setelah beberapa lama dirilisnya Windows 7 dan Windows Vista, program ini diluncurkan kembali dengan nama berbeda yaitu Microsoft Security Essentials (MSE).
Saat Windows 8 dan 10 belum lahir, Windows Defender hanya memiliki beberapa fitur dasar yang menangkal pengintaian (anti-spyware). Selain itu juga menawarkan jalan yang lebih mudah untuk menghapus ActiveX yang terinstal di Windows 10.
Windows Defender juga terintegrasi dengan Microsoft SpyNet untuk memudahkan pengguna melaporkan kemungkinan spyware di komputer Windows.

Windows Defender di Era Windows 8 dan 10

Setelah itu Microsoft kembali meningkatkan kemampuan Defender dengan menambahkan kemampuan antivirus ke dalamnya, lalu mengubah namanya menjadi Windows Defender, kemudian ditambahkan sebagai antivirus Windows 8. Namun kala itu Windows Defender masih mirip seperti MSE, bahkan menggunakan definisi virus yang sama dengan MSE.
Microsoft kemudian meningkatkan kemampuannya di Windows 10, dan antivirus ini benar-benar menjadi antivirus default atau bawaan Windows sejak saat itu. Windows Defender bisa di kontrol melalui menu Settings, yang akan membuka jendela pengaturan.
Dengan dijadikannya Windows Defender dengan Windows 10, aplikasi Microsoft, fitur dan program lainnya yang ada di Windows Defender kebanyakan terintegrasi dengan Windows Defender. Termasuk di Microsoft Edge. Saat anda mengunduh file dari internet, Windows Defender akan secara otomatis memindai (scan) file tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »