Cara Menyambungkan Laptop ke TV Menggunakan HDMI, VGA dan USB

February 04, 2017
Cara menyambungkan laptop ke TV sebenarnya sangat mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Saya sebut seperti itu karena memang kita tak memerlukan upaya yang besar untuk bisa melakukannya. Apa yang kita butuhkan untuk menyambungkan laptop dan komputer ke TV hanya kabel yang tepat saja.
Dalam artikel ini, saya akan memandu anda bagaimana menghubungkan laptop ke TV menggunakan beberapa jenis kabel, termasuk melalui HDMI, VGA dan USB. Semua itu bisa anda lakukan secara cuma-cuma tanpa perlu membayar teknisi.
Dengan menyambungkan laptop ke TV, anda bisa menonton video, streaming Youtube, membaca berita, menonton Netflix dan sebagainya di layar yang lebih lebar, bahkan ke proyektor sekalipun. Jadi, untuk Menyambungkan laptop ke TV, anda harus tau port apa yang tersedia di televisi dan laptop anda. Tentu saja, cara paling mudah adalah menggunakan HDMI, dan port HDMI ada di hampir seluruh laptop, kecuali laptop yang memang sudah berumur. Sementara TV, televisi yang dibuat empat tahun terakhir ini tentu sudah dibekali port HDMI.
Cara alternatif lain yang juga populer adalah dengan menggunakan VGA, namun ada kekurangan dimana dengan kabel ini kita masih perlu menghubungkan jack audio 3.5mm dengan headset atau speaker, atau jack audio yang ada di TV anda. Lalu bagaimana jika laptop anda tidak memiliki satu pun output video? Alternatifnya adalah dengan membeli adaptor “USB to VGA” sehingga port USB laptop anda bisa berubah menjadi port video. Harganya sangat murah, tak lebih dari Rp 100 ribu.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Menggunakan HDMI

Cara menyambungkan laptop ke TV
Port HDMI di TV (credit: Macinfo.us)
Cara terbaik dan termudah dalam meyambungkan laptop ke TV adalah melalui HDMI, tinggal plug and play saja. Selain murahnya kabel HDMI (bahkan gratis karena beberapa televisi dibundel dengan kabel HDMI), juga memberikan kualitas suada dan video terbaik.
Untuk melakukannya, cukup colokkan kabel HDMI ke laptop dan TV anda. Lalu di TV anda, pilih saluran HDMI. Sedangkan di laptop biasanya akan langsung terkonfigurasi secara otomatis untuk pengaturan tebaik. Namun jika tidak terkonfigurasi secara otomatis, anda bisa melakukannya secara manual melalui Control Panel > Display > Adjust Resolution. anda akan melihat dropdown untuk memastikan TV yang anda pilih dan atur resolusi sesuai pengaturan yang benar untuk TV anda. Berikut langkah step-by-step yang bisa anda lakukan.
  1. Matikan laptop dan TV anda.
  2. Colokkan ujung kabel HDMI ke port HDMI yang ada di laptop dan TV
  3. Pada TV anda, pilih input yang benar di televisi (biasanya dengan menekan tombol AV di remote TV atau pesawat televisi anda).
  4. Jika laptop tidak bekerja secara otomatis mendeteksi TV, anda bisa mengaturnya melalui Control Panel > Display > Adjust Resolution, tepat pada kotak dropdown “Display”.
Kabel HDMI
Kabel HDMI

Bagaimana Cara Menyambungkan Laptop ke TV Menggunakan VGA?

VGA
VGA (credit: ehow)
Anda memiliki TV tua yang sudah berusia diatas 4 sampai 5 tahun? Maka menggunakan VGA adalah cara yang paling tepat menyambungkan laptop ke TV anda. Namun kekurangannya, menghubungkan TV ke laptop melalui VGA, yang keluar hanya video saja tanpa audio atau suara. Jika ingin mendengarkan bersama suaranya, diperlukan kabel tambahan untuk menghubungkan speaker TV ke laptop melalui audio jack 3.5mm yang dihubungkan ke jack audio 3.5mm laptop.
Menghubungkan laptop ke TV melalui VGA juga biasanya bekerja secara otomatis, namun dalam kasus tertentu jika tidak terkonfigurasi secara otomatis bisa diatur melalui Control Panel > Display > Adjust Resolutions. Berikut langkap step-by-step menghubungkan laptop ke TV menggunakan VGA.
  1. Matikan laptop dan TV anda
  2. Sambungkan kabel VGA ke laptop dan TV
  3. Sambungkan pula audio jack 3.5mm. Sambungkan port out laptop dan TV atau speaker.
  4. Buka Control Panel > Display > Adjust Resolutions untuk memilih TV anda dalam kotak drop down “Display”.
Kabel VGA
Kabel VGA

Cara Menghubungkan Laptop ke TV melalui USB

Port USB laptop
Port USB laptop
Ada banyak laptop yang tidak memiliki port HDMI maupun VGA. Terutama di era ultrabook saat ini, dimana vendor berlomba-lomba membaut laptop setipis mungkin. Namun biasanya vendor membuat laptop menjadi tipis dengan mengorbankan fitur yang ada didalamnya, seperti HDMI dan VGA. Cara ini bisa digunakan jika laptop anda tidak memiliki port HDMI maupun VGA, yaitu dengan menggunakan port USB.
Port USB laptop sendiri normalnya tidak bekerja jika dihubungkan ke TV. Namun dengan menggunakan adapter dan menginstal driver tertentu bisa mengubah fungsi USB laptop anda menjadi HDMI.
Namun untuk melakukannya, anda tentu saja harus membeli adapter tersebut. Konverter ini tidak selalu kompatibel dengan laptop anda, jadi saat membeli adapternya, pastikan adapter itu kompatibel dengan laptop anda.
Setelah anda membeli adapter konverter “USB to HDMI” anda tinggal menginstal software (driver) adaptor yang anda beli dan tinggal menghubungkan laptop anda ke TV.
adapter USB to HDMI
Adapter USB to HDMI

Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Beberapa cara memiliki kelebihannya tersendiri. Sejauh ini cara yang paling mudah adalah menggunakan HDMI. Namun memang, tidak semua televisi memiliki port HDMI. Jika TV anda memilikinya maka gunakanlah kabel HDMI, biasanya kabel sudah disertakan dalam kotak kemasan TV anda. Jika tidak ada, anda bisa membelinya dengan harga yang tak terlalu mahal.
Menggunakan kabel VGA mengharuskan anda memiliki kabel VGA dan kabel yang bisa menghubungkan jack 3.5mm di laptop dan jack audio di speaker atau TV anda. Jadi ada terlalu banyak kabel jika menggunakan kabel VGA sehingga tidak praktis.
Menggunakan USB mengharuskan anda membeli konverter agar USB laptop anda berfungsi juga sebagai konverter, anda juga harus menginstal driver. Karena jika tidak cara ini tidak akan bekerja.
Itulah cara menyambungkan laptop ke TV yang bisa anda lakukan dengan berbagai cara termasuk menggunakan HDMI, VGA dan USB.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »