Cara Mematikan Firewall Windows 10, 8.1 , 7

February 03, 2017
Firewall, fitur yang sangat penting untuk menjaga keamanan komputer anda. Terutama Windows, yang memang mendapatkan serangan lebih banyak ketimbang sistem operasi lain. Nah, dalam artikel ini amu akan dipandu bagaimana cara mematikan Firewall di Windows 10 / 8 / 7. Namun sebelum itu, perlu anda ketahui bahwa mematikan firewall sangat berbahaya bagi komputer kita, karena ini menyangkut keamanan perangkat.
Jika memang berbahaya dimatikan, lantas kenapa kita harus mematikannya? Pada beberapa produk antivirus, firewall sudah termasuk dalam salah satu fitur antivirus tersebut. Sehingga menggunakan dua firewall tidak terlalu efisien, yang ada malah memberatkan komputer. Oke lah, spesifikasi komputer kita tinggi sehingga tidak terlalu memberatkan kinerja. Tapi jika dua firewall bekerja bersamaan, satu firewall Windows dan satu lainnya firewall antivirus, maka bisa saja keduanya akan terjadi konflik. Oleh karena itu, disarankan hanya menjalankan satu firewall saja.
Meski begitu, perlu dicatat juga dalam kebanyakan kasus tidak masalah pula menjalankan kedua firewall tersebut secara bersamaan, meski sering pula terjadi konflik. Dan juga, anda disarankan tidak mematikan firewall kecuali anda memiliki firewall
Pokoknya, apapun alasannya, dalam postingan ini anda akan dipandu untuk mematikan firewall pada komputer Windows. Berikut caranya:
Masuk ke Control Panel komputer Windows anda. Caranya, klik kanan pada menu Start > Control Panel > System and Security > Windows Firewall. Atau bisa juga dengan menekan “tombol Windows + X” lalu pilih Control Panel > Windows Firewall. Cara alternatif lainnya bisa dengan mengklik ikon Windows atau Start, scroll ke bawah sampai menemukan Windows System > Control Panel > System and Security > Windows Firewall.
Cara Mematikan Firewall Windows 10
Sekarang lihat di sebelah kiri jendela Windows Firewall itu, kamu akan melihat link Turn Windows Firewall On or Off. klik link tersebut untuk membuka panel Customize settings.
Cara Mematikan Firewall Windows 10 1

Seperti bisa kamu lihat pada gambar dibawah. Di sini lah kamu akan melihat pengaturan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Firewall Windows komputermu.
Cara Mematikan Firewall Windows 10
Untuk mematikan firewall Windows, pilih Turn off Windows Firewall (not recommended). Lalu klik tombol OK, dan keluar dari jendela tersebut. Sekarang, Firewall Windows telah mati.
Firewall sendiri merupakah sistem keamanan yang sangat baik untuk kita, untuk kebanyakan kasus. Meski kadang-kadang ada beberapa aplikasi atau software yang tidak bisa berjalan jika firewall ini diaktifkan.
Jika firewall Anda memang membuat masalah pada pekerjaan anda, maka tak ada salahnya mematikannya sebentar. Tapi jangan lupa kembalikan lagi seperti semula, atau aktifkan kembali firewall tersebut untuk menjaga keamanan komputer anda. Kecuali jika anda menggunakan firewall dari penyedia pihak ketiga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »