Cara Mengubah File PDF ke Word Secara Online dan Offline

February 03, 2017
Kamu mungkin sedang mengerjakan tugas tertentu yang membuat anda mencari cara mengubah file PDF ke Word. Tenang, kita punya solusinya. Saat membutuhkan sebuah referensi, kita memang biasa mengandalkan mesin pencari Google. Dari sekian banyak referensi, ada beberapa yang di tersedia dalam format PDF. Sayangnya format ini tidak begitu bersahabat, karena kita tidak bisa mengeditnya. Kalaupun mau di edit, harus menggunakan software berbayar.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengedit dokumen tersebut adalah dengan mengubah file PDF ke Word terlebih dahulu, baru di edit. Namun cara ini pun biasanya hanya tersedia untuk software berbayar saja.
Namun untungnya, ada beberapa software atau situs yang menyediakan tools yang bisa membantu kita untuk melakukan pekerjaan ini secara gratis. Kita bisa mengubah file PDF ke Word dengan berbagai cara. Baik secara online maupun secara offline. Berikut ini software dan situs yang menyediakan cara mengubah file PDF ke word.

Cara Mengubah File PDF ke Word Secara Online

Jika anda memiliki koneksi internet, anda tidak perlu membuang-buang kuota internet hanya untuk mengunduh software yang ukurannya ratusan MB atau bahkan GB. Karena dengan mengubah file PDF ke Word secara offline, kita hanya perlu mengunggah atau meng-upload file PDF kita yang ukurannya hanya sebatas KB atau MB.
Ada satu situs yang sering digunakan oleh banyak orang untuk mengubah file PDF ke Word yaitu “PDF to Word Converter” yang bisa anda akses di pdftoword.com. Situs ini menyediakan alat yang bisa membantu kita mengubah file PDF ke Word secara gratis 100%.
Hebatnya, situs ini bukan hanya bisa mengubah file PDF ke Word saja, tetapi dari dokumen lain ke dokumen lainnya. Cukup unggah file PDF yang akan anda ubah ke Word, masukkan email, lalu tekan “Convert Now” maka situs itu akan mengubah file PDF ke Word. File PDF yang telah di ubah ke Word tadi akan dikirimkan ke email yang anda input tadi.
Cara ini cocok buat anda yang memiliki koneksi internet, terutama anda yang memang tidak terlalu sering (hanya sesekali saja) bekerja dengan dokumen-dokumen seperti ini. Dengan begini, tak perlu mendownload dan menginstal program tertentu di laptop atau komputer anda, karena hanya akan menghabiskan kuota dan kapasitas hardisk anda saja.

Cara Mengubah File PDF ke Word Secara Offline

Untuk cara berikutnya, kita menggunakan software tertentu untuk mengubah file PDF ke Word secara offline. Ukuran file yang harus anda download mungkin lebih besar, namun cocok buat anda yang sering bekerja dengan dokumen-dokumen seperti ini karena sewaktu-waktu software ini bisa anda gunakan lagi.
Beberapa software yang bisa membantu anda dalam mengubah file PDF ke Word adalah Able2Extract. Software ini paling bagus dalam mengubah file PDF ke Word, namun hanya bisa digunakan secara gratis selama 7 hari saja. Jika ingin lanjut menggunakannya, maka anda harus membeli lisensinya seharga $99,95 (sekitar Rp 1,3 juta) per lisensi. Untuk mencoba versi trial-nya atau membeli lisensinya bisa langsung menuju situs resminya di investintech.com.
Ada software alternatif lain yang bisa kita gunakan secara gratis. Untuk yang gratisan, kita bisa menggunakan software UniPDF Converter yang bisa anda unduh di situs resminyax unipdf.com. Ukurannya sangat kecil, kurang lebih hanya 5MB. Cocok buat anda yang lagi ‘fakir kuota’, atau lagi dikejar deadline.
Itulah rekomendasi cara mengubah file PDF ke Word baik secara online maupun offline sesuai kebutuhan anda dan kondisi anda saat ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »