Mengajar ESP Textiles, Weaving and Finishing

August 06, 2020

 

Beruntungnya saya, tahun ajaran kali ini bisa mengajar English di kelas spesial, kelas 13 textile. Bagaimana tidak spesial, di kelas 13 ini pembelajarannya setara D1. Selain mapel produktif yang sebenarnya dikhususkan satu tahun untuk magang kerja, kelas ini dapat tambahan kelas Bahasa Inggris.


 FYI, kelas spesial ini hanya ada di sekolah SMK tertentu di Indonesia. Salah satunya adalah SMK Jutek yang menjadi sekolah percontohan di Pekalongan, juga sekolah tercinta saya SMK Texmaco Pemalang.


 Mengajar kelas spesial berarti saya harus extra belajar. Saya jadi belajar lagi tentang metode mengajar English for Special Purposes, spesial untuk textiles. 


Bagi saya yang belum berpengalaman mengajar textile ditambah lagi silabus pun saya harus membuat sendiri. Benar-benar it’s so challenging, isn’t it?


Maka dari itu saya baca-baca lagi teori tentang Teaching English for Special Purposes dari diktat kuliah dulu. Cari-cari buku pertextilan dalam bahasa Inggris dan searching website.


 Dan Alhamdulillah, slowly but sure.

Akhirnya bisa menemukan website yang pas dan bagus sekali.

 Anak weaving dan finishing, silahkan kepoin website ini; https://textilechapter.blogspot.com/2016/11/Loom-definition-types-weaving.html

 

Programku dalam mengajar


 Panduan silabus kurikulum dari Pemerintah tidak  mengarah secara jelas dan rinci. Hanya tertulis anak diajarkan beberapa teks prosedur. Jadi agar pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi sia-sia, saya coba membuatnya program seperti berikut:


 1.    Enriching students’ vocabularies.

Ini penting sekali. Memperkaya kata. Kata-kata tertentu akan mereka temui dalam area kerja mereka nanti jadi mereka harus tahu. Kata-kata ini bisa didapat dari membaca text tentang pertekstilan, terutama teks prosedur penggunaan alat atau mesin dalam area tempat mereka bekerja nanti. Jadi mau tidak mau mereka harus cari tahu dari membaca. 

 

2.    Listening to news about textile business

Mendengarkan berita-berita terkini tentang bisnis tekstil saat ini.

 

3.    3. Language for managing meetings
Skill speaking dengan mengajarkan beberapa ungkapan dalam mengatur meeting rencananya akan saya ajarkan juga.


 4.    Making presentations 

Skill speaking dengan mengajarkan bagaimana mempresentasikan suatu produk textile.


 5.    Writing reports

Skill writing dengan mengajarkan bagaimana cara menuliskan sebuah laporan.


 6.    Writing formal letters or marketing materials

Skill writing dengan mengajarkan bagaimana cara menuliskan sebuah surat resmi.

 

Pokoknya saya ingin kelas spesial ini dapat sesuatu yang plus..plus, lebih dibanding yang lain, terutama skill speaking nya. Semoga mereka juga mau bekerja sama untuk mewujudkannya.

Nah untuk yang pertama jurusan WEAVING akan saya mulai dengan hal yang paling basic dari mesin textile yaitu, loom. Silahkan klik tautan ini

Sedang untuk JURUSAN FINISHING Silahkan klik tautan ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »