Perangkat Keras Komputer

March 28, 2020


Perangkat Keras Komputer atau dikenal dengan sebutan Computer Hardware adalah bagian komputer yang berbentuk alat yang digunakan sebagai tempat bekerja semua komponen komputer.

Perangkat Keras pada komputer terdiri dari:
  • Prosesor - Central Processing Unit (CPU)
  • Media Penyimpanan atau Memory - Internal dan External
  • Peralatan Masukan (Input Device)
  • Peralatan Keluaran (Output Device)
  • Peralatan Komunikasi (Communication Device)

Processor

Processor dikenal sebagai otak komputer digunakan untuk mengambil data yang disimpan dalam memori (ROM dan RAM) dan melakukan eksekusi sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna. Perkembangan komputer dari mulai single processor dengan kecepatan 800 atau 900 MB sekarang sudah berkembang menjadi banyak processor dalam 1 chip seperti dual core, core 2 duo, core i3, core i5 dan core i7 dengan kecepatan memproses yang terus ditingkatkan. Process device berfungsi untuk mengolah data yang dikirimkan oleh perangkat input device untuk kemudian akan diteruskan ke komponen lainnya sesuai dengan instruksi yang diberikan pengguna.

Memori External

Flash Disk memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibanding Hard Disk seperti ukuran 2Gb, 4Gb, 8Gb, atau 32Gb perangkat ini sangat mudah ditemui dan memiliki kelebihan yang bersifat portable atau mudah dibawa mengingat ukuran fisiknya lebih kecil. Harddisk memiliki kapasitas jauh lebih besar dan saat ini sudah dapat menampung data dalam ukuran terabyte. Dalam perkembangannya pernyimpanan external saat ini sudah ada model penyimpanan sangat kecil dan ringan (SSD) dan penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Peralatan Masukan

Peralatan Masukan berfungsi untuk menerima masukan dari pengguna, misalnya kita akan menuliskan kata atau kalimat maka kita menggunakan peralatan masukkan jenis Keyboard, Scanner, Mouse, Mikrofon, saat ini sudah ada model peralatan yang disebut Stylus yang memungkinkan kita menulis dan menggambar di Layar yang memiliki fungsi Touch Screen.

Pelaratan Keluaran

Pelaratan Keluaran berfungsi untuk menampilkan berupa Layar atau Monitor dan untuk mencetak data hasil input dan proses pada komputer, peralatan keluaran yang sering banyak digunakan yaitu perangkat cetak (Printer), untuk keluaran suara peralatan yang digunakan adalah Speaker.

Peralatan Komunikasi

Peralatan Komunikasi digunakan untuk berkomunikasi baik komunikasi lokal dengan jaringan komputer lokal (LAN), perangkat jarak pendek (Bluetooth, Wifi), perangkat komunikasi luas (Internet) menggunakan paket Data atau Internet Provider.





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »