Definisi System And Software Quality Assurance (SSQA)

November 30, 2017

Sistem jaminan kualitas dapat didefinisikan sebagai struktur, tanggung jawab, prosedur, proses, dan sumber-sumber daya organisasi untuk mengimplementasikan manajemen kualitas [ANS87]. ISO 9000 menjelaskan elemen jaminan kualitas dalam bentuk yang umum yang dapat diaplikasikan pada berbagai bisnis tanpa memandang produk dan jasa yang ditawarkan.

Definisi System And Software Quality Assurance (SSQA)
Definisi System And Software Quality Assurance (SSQA)

Agar dapat terdaftar dalam satu model sistem jaminan kualitas yang ada pada ISO 9000, sistem kualitas dan operasi perusahaan diperiksa oleh auditor bagian ketiga untuk memeriksa kesesuaiannya dengan standar dan operasi efektif. Bila registrasi itu berhasil, perusahaan diberi sertifikat dar badan registrasi yang diwakili oleh auditor. Audit pengawas tengah tahunan terus dilakukan untuk memastikan kesesuaiannya dengan standar yang sudah ditetapkan.
Jaminan kualitas perangkat lunak (Software Quality Assurance (SQA) adalah : Aktivitas pelindung proses yang diaplilkasikan pada seluruh proses perangkat lunak.
SQA (Software Quality Assurance) meliputi :
  1. Pendekatan manajemen kualitas,
  2. Teknologi rekayasa perangkat lunak yang efektif (metode dan piranti),
  3. Kajian teknik formal yang diaplikasikan pada keseluruhan proses perangkat lunak.
  4. Strategi pengujian multilateral; (deret bertingkat),
  5. Kontrol dokumentasi perangkat lunak dan perubahan yang dibuat untuknya,
  6. Prosedur untuk menjamin kesesuaian dengan strandar pengembangan perangkat lunak (bila dapat diaplikasikan),
  7. Mekanisme pengukuran dan pelaporan

Konsep Kualitas Software

  • Kualitas: American Heritage Dictionary mendefinisikan kata kualitas sebagai "sebuah karakteristik atau atribut dari sesuatu", sebagai atribut dari sesuatu, kualitas mengacu pada katakteristik yang dapat diukur sesuatu yang dapat kita bandingkan dengan strandar yang sudah diketahui, seperti panjang, warna, sifat kelistrikan, kelunakan dan sebagainya.
  • Perangkat lunak sebagian besar merupakan; entitas intelektual, lebih menantang untuk dikatareristikan daripada objek fisik.
  • Kualitas Desain mengacu pada karakteristik yang ditentukan oleh desainer terhadap item tertentu.
  • Kualitas konformasi adalah tingkat dimana spesifikasi desain terns diikuti selama pembuatan.
  • Semakin tinggi tingkat kondormasi, semakin tinggi tingkat kualitas konformasi
  • Kontrol Kualitas: Kontrol kualitas merupakan serangkaian pemeriksaan, kajian dan pengujian yang digunakan pada keseluruhan siklus pengembangan untuk memastikan bahwa setiap produk memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
Kontrol Kualitas: 
Mencakup loop (kalang) umpan balik proses yang menciptakan produk kerja.

Jaminan Kualitas: 
Jaminan kualitas terdiri atas fungsi auditing dan pelaporan manajemen. Tujuan jaminan kualitas adalah untuk memberikan data yang diperlukan oleh manajemen untuk menginformasikan masalah kualitas, produk, sehingga dapat memberikan kepastian dan konfidensi bahwa kualitas produk dapat memenuhi sasaran.

Biaya Kualitas: 
Biaya kualitas menyangkut semua Maya yang diadakan untuk mengejar kualitas atau untuk menampilkan kualitas yang berhubungan dengan aktivitas.
  1. Biaya kualitas dapat dibagi kedalam biaya-biaya yang dihubungkan dengan pencegahan, penilaian dan kegagalan.
  2. Biaya pencegahan meliputi
  3. Perencanaan kualitas
  4. Kajian teknis formal
  5. Perlengkapan pengujian
  6. Pelatihan  

Biaya penilaian meliputi :
  1. Inspeksi inproses dan interproses   
  2. Pemeliharaan dan kalibrasi peralatan
  3. Pengujian
Perbandingan Biaya Pengembangan
Perbandingan Biaya Pengembangan
Biaya kegagalan meliputi:
  • Pengerjaan kembalian
  • Perbaikan
  • Analisis mode kegagalan

Biaya kegagalan eksternal meliputi:
  • Resolusi keluhan
  • Dukungan help line
  • Penggantian dan pengembalian produk
  • Kerja jaminan
Biaya Relatif Pembentukan Kesalahan
Biaya Relatif Pembentukan Kesalahan

Definisi SQA
  • Kualitas perangkat lunak diidentifikasikan sebagai : Konformansi terhadap kebutuhan fungsional dan kinerja yang dinyatakan secara eksplisit, standar perkembangan yang didokimentasikan secara eksplisit dan karakteristik implicit yang diharapkan bagi semua perangkat lunak yang dikembangkan secara profesional.
  • Masalah-masalah Tatar belakang:
>          Jaminan kualitas merupakan aktivitas mendasar bagi banyak bisnis yang menghasilkan produk yang akan digunakan oleh orang lain.
>          Jaminan kualitas perangkat lunak merupakan "pola tindakan yang sistematik dan terencana" yang dibutuhkan untuk jaminan kualitas-kualitas perangkat lunak.
>          Implikasi adalah banyak pilihan yang teknisi perangkat lunak, manajer proyek, pelanggan,penjual dan individu yang bekerja dalam sebuah kelompok (SQA)

Aktivitas SQA
  •  Aktivitas jaminan kualitas dilakukan oleh tim rekayasa perangkat lunak dan kelompok SQA diatur oleh rencana, antara lain :

1.          Evaluasi yang dilakukan
2.          Audit dan kajian yang dilakukan
3.          Standar yang dapat diaplikasikan pada proyek
4.          Prosedur untuk pelaporan dan penulusuran kesalahan
5.          Dokumen yang dihasilkan oleh kelompok SQA
6.          Jumlah umpan balik yang diberikan pada tim proyek perangkat lunak.
Kelompok SQA
  • Proses supaya sesuai dengan kebijakan organisasional, standar perangkat lunak internal, standar baku eksternal (misalnya : ISO 9001), dan bagian rencana perangkat lunak yang lain.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »