Bagaimana Cara Menjadi Web Developer

March 18, 2017
Bagaimana Cara Menjadi Web Developer ?


Siapa yang tak kenal dengan Web di Jaman yang maju dengan teknologi saat ini. Profesi yang satu ini seseorang yang berkecimpung dalam pengembangan website atau bahasa kerennya “Web Developer”. Banyak yang mengatakan, menjalani profesi sebagai web developer sangatlah susah, mengingat banyak yang harus dipahami tentang kode program yang cukup rumit. Sebenernya jadi web developer itu mudah kok, asal mau belajar dan belajar dari sumber yang up-to-date.
Bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk menjadi web developer, saya akan berbagi beberapa hal dan teknologi yang sekiranya perlu dipelajari agar bisa menjadi seorang web developer yang baik.
1.    Pahami Konsep HTML dan CSS
Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web.  HTML membangun struktur tampilan web seperti header, content, footer, menu, dan sebagainya. Namun untuk menciptakan tampilan yang lebih baik tidak cukup dengan HTML saja masih diperlukan bahasa lain untuk menciptakan tampilan yang lebih baik.
CSS, inilah bahasa pelengkap HTML. Tanpa CSS kita tak akan dapat menciptakan tampilan yang indah. CSS adalah bahasa yang mengatur layout dan tampilan dari web tersebut misalnya warna background, tulisan, font, ukuran, dan sebagainya. Dengan kombinasi HTML dan CSS maka kita dapat menciptakan tampilan yang baik dan indah. Di ibaratkan HTML itu kerangka tubuh kita dan CSS itu pakaiannya gan... 😃


2.    Bahasa Pemrograman Web

Berbeda dengan HTML dan CSS,HTML dan CSS sendiri belum bisa dikatakan bahasa pemrograman, tapi lebih ke bahasa kode. Nah Bahasa Pemrograman web misalnya PHP, ASP, ColdFusion, Python, dan lainnya. Bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang akan kita gunakan untuk membangun aplikasi web.
Jika saya menyarankan menggunakan Bahasa pemrograman PHP ataupun JavaScript.
Kenapa demikian ??
Ø  PHP
Karena PHP dikenal sebagai web scripting language yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan scripting lain seperti ASP, JSP, ColdFusion untuk aplikasi sederhana hingga menengah.
Adapun kelebihannya, sebagai berikut :
a). Script terintegrasi dengan file HTML, sehingga developer bisa berkonsentrasi langsung pada penampilan dokumen webnya.
b). Tidak ada proses compiling dan linking
c). Berorientasi obyek
d). Sintaxis pemprogramannya mudah dipelajari dan open source
e). Biasanya PHP menggunakan MySQL/SQL sebagai database,namun PHP juga mendukung database yang lain juga
Ø  JavaScript
JavaScript menggunakan konsep pemrograman berbasis objek (Object Oriented Programming). Konsep OOP cukup sulit untuk pemula (terutama jika anda belum pernah belajar OOP). Walaupun begitu, dengan materi dan panduan yang sesuai, belajar JavaScript sangat menyenangkan. Fitur dan hasil akhir yang bisa didapat dengan JavaScript sangat menarik, seperti animasi, konten interaktif, dl

Setiap Bahasa pemrograman mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yah gan… Pilihlah yang menurut passion kalian pas dengan Bahasa pemrograman tersebut.

3.    Database SQL

Web dinamis tidak akan lengkap bila tidak menggunakan Database Management System (DBMS) sebagai sarana penyimpanan data. Database pada aplikasi web banyak sekali kegunaannya seperti menyimpan data user, artikel, transaksi penjualan, dan lain-lain sesuai dengan jenis aplikasi web yang dikembangan. Program database populer yang bisa Anda pelajari diantaranya MySQL, PostgreSQL dan MariaDB yang bersifat Open Source atau Oracle dan Microsoft SQL Server yang merupakan aplikasi berbayar.

4.    Framework

Framework secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah perpustakaan yang berisi kumpulan fungsi / prosedur dan kelas untuk tujuan tertentu yang siap untuk digunakan sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programmer.
Gunakan framework sesuai dengan bahasa pemrograman anda. Misalnya ASP menggunakan .NET Framework. Ruby dengan Rails Framework, Python dengan Django Framework, dan PHP yang lebih banyak lagi seperti Prado, Symfony, CakePHP, dan framework lainnya.


Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan gambaran apa yang akan anda hadapi dan apa yang harus anda kuasai untuk menjadi web programmer. Saya juga masih terus belajar dan mendalami tentang web development sehingga apabila ada hal-hal yang kurang mohon saran dan kritiknya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »