Perbedaan pupuk urea putih dan merah muda / pink

July 12, 2017
Perbedaan pupuk urea merah dan putih

Perbedaan pupuk urea putih dan pupuk urea merah muda / pink

Pupuk urea adalah pupuk kimia yang mengandung Nitrogen (N) dengan kadar yang tinggi. Unsur Nitrogen ini adalah zat hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.
Ada dua jenis pupuk urea yaitu pupuk urea yang berwarna putih dan pupuk urea yang berwarna merah muda atau pink. Lalu apa perbedaan dari kedua jenis pupuk urea ini?
Dari komposisi pupuk urea putih dan pupuk urea merah muda sama saja, zat pewarna yang digunakan pada pupuk urea pink sama dengan zat pewarna yang digunakan untuk makanan (sesuai standar food grade). Zat pewarna juga tidak menyebabkan perubahan warna pada air dan ramah lingkungan.

Baca juga :
Pupuk NPK 16 16 16
Pupuk dekastar 13 13 13
Pupuk groemore 20 20 20

Alasan kenapa pupuk urea diberi perbedaan warna adalah untuk membedakan pupuk urea yang bersubsidi dan yang tidak bersubsidi. Pupuk urea yang bersubsidi adalah pupuk urea yang berwarna merah muda / pink, sedangkan yang berwarna putih tidak bersubsisi.

Pupuk urea yang bersubsidi diberi tambahan warna agar ada perbedaan dengan pupuk urea yang tidak bersubsidi sehingga dapat menekan kemungkinan terjadinya penyelewengan distribusi pupuk urea bersubsidi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga pengguannya dapat tepat sasaran.

Nah itu dia sekilas info tentang perbedaan pupuk urea pink dan pupuk urea putih.
Semoga bermanfaat..^_^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »