Cara menanam seledri di pot / polibag

August 24, 2016
cara menanam seledri

Cara menanam seledri di polibag / pot

Seledri merupakan salah satu sayuran yang sangat populer di Indonesia, daun seledri biasanya dijadikan sebagai sayur tambahan atau pelengkap pada sayur sop, sehingga banyak juga yang menyebut seledri sebagai daun sop. Selain dijadikan sebagai pelengkap masakan, ternyata seledri juga mempunyai manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun seledri seperti menurunkan kolesterol, mengobati rematik dan masih banyak lagi manfaat daun seledri lainnya. Selengkapnya tentang manfaat daun seledri untuk kesehatan silahkan KLIK DISINI.

Jika sobat sering mengkonsumsi atau menggunakan daun seledri sebagai pelengkap masakan, mungkin sobat bisa mencoba untuk menanam seledri sendiri dirumah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang cara menanam seledri di polybag / pot. Penanaman dan perawatan tanaman seledri juga tergolong mudah, sobat bisa menanam seledri dari benih / biji seledri, atau bisa juga menggunakan seledri yang biasa sobat beli di pasar atau tukang sayur (seledri yang masih ada akarnya).

Jual bibit seledri murah KLIK DISINI

Untuk menanam seledri ada beberapa alat dan bahan yang perlu sobat sediakan, yaitu :
  • benih / biji / bibit seledri
  • pot / polibag
  • media tanam
  • pupuk
Untuk media tanam saya biasa menggunakan campuran tanah +  sekam bakar + pupuk kandang / kompos dengan perbandingan 1:1:1. Tentunya sobat bisa menggunakan campuran yang lain atau mungkin membeli media tanam siap pakai yang banyak dijual di toko-toko pertanian. Untuk pot yang saya gunakan disini adalah pot ukuran 17, lebih besar lebih baik tentunya..

cara menanam seledri di pot
Jika sobat menanam seledri menggunakan sisa dari seledri yang di beli di pasar ataupun di tukang sayur, sobat bisa langsung menanam bagian bonggolnya yang masih berakar, tapi jika sobat menanam seledri dari biji / benih, yang sobat harus lakukan adalah menebarkan benih seledri ke media yang sudah di seiapkan di dalam pot ataupun polibag, kenapa di tabur? karena benih / biji seledri ukurannya sangat kecil sekali. Jika sudah di tabur tutup atau timbun dengan media secara tipis, kemudian lakukan penyiraman dengan spray agar merata. Selanjutnya letakan pot / polybag yang berisi semaian seledri di tempat yang teduh, mendapat cahaya matahari tapi tidak langsung terkena cahaya matahari. Lakukan penyiraman secara berkala agar media tidak kering.
Jika semaian seledri sudah agak besar, kira-kira seperti gambar di atas, sobat dapat memindahkannya ke pot / polybag lain (1 pohon tiap potnya).

Selanjutnya sobat hanya tinggal melakukan perawatan yaitu penyiraman dan pemupukan secara berkala.

cara menanam seledri di polibag

cara menanam seledri di polybag

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »