Cara menanam wortel di pot / polibag

September 13, 2016
cara menanam wortel di pot

Cara menanam wortel di polibag / pot

Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin A, yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan seperti mencegah kanker, mencegah penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi manfaat wortel lainnya. Selengkapnya tentang manfaat wortel silakan KLIK DISINI.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tentang cara menanam wortel di polybag / pot, cara penanaman wortel ini berdasarkan pengalaman saya (coba-coba) ^_^, tentunya sobat bisa mencoba cara penanaman lain yang menurut sobat lebih efektif.

Baiklah langsung saja kita mulai bagaimana cara menanam wortel di pot / polybag.
Pertama siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya yaitu :
  1. Benih wortel
  2. Pot / polibag
  3. media tanam
Untuk media tanam saya menggunakan campuran tanah, sekam bakar, kompos / pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, sobat juga bisa membeli media tanam yang sudah jadi yang banyak dijual di toko-toko pertanian. Sedangakan pot / polibagnya gunakan yang agak besar dengan kedalaman / tinggi sekitar 30 cm agar umbi wortel dapat tumbuh dengan leluarsa.

Jual bibit wortel murah KLIK DISINI

Karena penanaman wortel disini menggunakan benih, maka yang perlu kita lakukan sebelumnya adalah melakukan penyemaian. Masukkan media ke dalam pot / polibag, kemudian sebarkan benih wortelnya, lalu tutup tipis dengan media sekitar 0,5/1 cm. Siram media dengan air secukupnya. jaga kelembaban media agar tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

cara menanam wortel di polibag
Setelah benih wortel tumbuh dan berukuran agak besar dengan jumlah daun sekitar 4-5, maka bibit wortel sudah siap dipindahkan ke pot / polibag.
Karena hanya coba-coba, disini saya menggunakan polibag ukuran 35 x 35, sebenarnya ukuran tersebut kurang tingginya, karena hanya sekitar 25cm saja. mungkin sobat bisa menggunakan polibag dengan ukuran yang lebih tinggi.
Isi polibag dengan media tanam, kemudian pindahkan bibit wortel yang sudah agak besar. Sebaiknya pemindahan dilakukan pada sore hari. Untuk 1 polibag ukuran 35 (diameter 18cm) bisa diisi dengan 1-3 bibit wortel dengan penanaman tidak pada satu titik. 
Setelah dipindah jangan lupa siram bibit wortel.


cara menanam wortel di polybag
Setelah itu sobat hanya tinggal melakukan perawatan dan pemupukan saja secara rutin, disini saya menggunakan pupuk NPK 16:16:16 dan pupuk organik cair (POC). 


cara tanam wortel di pot
ini dia contoh hasil penanaman wortel menggunakan polybag


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »